Aguzzawa, Ria Fajrin (2024) PENGEMBANGAN MODUL PROJECT BASSED LEARNING BERBASIS KOMIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (35kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (373kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (767kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (352kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (268kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Matematika berperan penting dalam membentuk pola berpikir masyarakat, agar menjadi manusia yang logis, kritis, dan kreatif. Dengan cara ini, seseorang dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. perhatian siswa dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika masih di bilang rendah atau bahkan kurangnya minat terhadap materi matematika. Langkah yang perlu diambil adalah melakukan inovasi baru yaitu dengan melakukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sebagai pendukung ketika pembelajaran berlangsug. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kevalidan media modul PjBL berbasis komik pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. (2) Mengetahui kelayakan media modul PjBL berbasis komik pada materi sistem persamaan linier tiga variabel.
Jenis Penelitian Ini adalah Research and Development (RnD), penelitian ini menggunakan prosedur Pengembangan oleh Raiser & Mollenda yang meliputi 5 langkah yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 siswa untuk uji coba terbatas dan 20 siswa untuk uji coba diperluas dari SMK Al Kyai Sukosewu.
Penelitian Menunjukkan 2 temuan penting yakni (1) siswa membutuhkan pengembangan media modul PJBL berbasis komik, hal ini ditunjukkan hasil angket analisis kebutuhan yang berupa sebanyak mayoritas (79%) siswa lebih minat menggunakan media yang mengandung konten visual atau gambar dan berdasarkan kurikulum merdeka. (2) hasil uji validasi ahli media menunjukkan rerata 3,6 dari rentang skor 4 dan ahli materi menujukkan 3,3 dari rentang skor 4 yang membuktikan media pembelajran valid dan layak untuk diimplementasikan di kelas. Implikasi dari penelitian ini, pemerintah perlu menyediakan pemerataan kualitas fasilitas terutama penyediaan media pembelajaran kepada semua jenjang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, media modul, modul berbasis komik, PJBL |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RIA FAJRIN AGUZZAWA |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:02 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa NIDN0719049202 Thesis advisor Cindarbumi, Festian NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6518 |