Khavidhloh, Nurul (2024) PENGEMBANGAN SOAL QUIZ PENJUMLAHAN BERSUSUN DONGENG MATEMATIKA BERBASIS WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 2 MI NURUL MU'AWANAH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama sunan giri.
Cover.pdf
Download (171kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (231kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (275kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (527kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (163kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (206kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas 2 MI Nurul Mu’awanah Bojonegoro, bahwa permasalahan yang ditemukan yaitu guru saat proses belajar masih melakukan pembelajaran dengan metode ceramah atau monoton dan belajar masih terfokus dengan buku LKS oleh pendidik saat kegiatan belajar mata Pelajaran Matematika, peserta didik merasa bosan dan kurang minat belajar, tidak bersemangat. Pengembangan soal Quiz berbasis aplikasi wordwall merupakan Solusi dari permasalahan.
Tujuan peneliti yaitu : 1) untuk mengetahui proses pengembangan soal quiz berbasis aplikasi Wordwall pada materi penjumlahan bersusun mata Pelajaran Matematika pembelajaran kelas 2 MI Nurul Mu’awanah Bojonegoro. 2) untuk mengetahui hasil pengembangan soal quiz berbasis aplikasi wordwall pada materi penjumlahan bersusun mata Pelajaran matematika kelas 2 MI Nurul Mu’awanah Bojonegoro.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). produk ini dikembangkan dengan model ADDIE terdiri dari lima tahap penelitian pengembangan, yaitu: Analysis, Design, Development, implementation, and Evaluation. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara Observasi, wawancara, Angket 1) angket validasi dan, 2) angket respon peserta didik. Teknik analisis data untuk hasil observasi dan wawancara adalah 1. Reduksi data, 2. Penyajian data, 3. Penarikan Kesimpulan. Kemudian Teknik analisis data untuk hasil angket respon dan validasi menggunakan rumus analisis data. Informasi penelitian yaitu guru kelas dan peserta didik kelas 2 MI Nurul Mu’awanah Bojonegoro.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang telah dibuat sudak layak digunakan sesuai dengan uji validasi dari ahli Bahasa, ahi desain dan ahli materi. Valdasi bahasa mendapat presentase 90% mendapat, validasi ahli desain mendapat presentase 87%, dan validasi media mendapat presentase 92% nilai yang sangat layak untuk soal quiz. Peserta didik kelas 2 merespon soal quiz dengan uji coba yang memperoleh presentase 85% nilai yang sangat layak, dengan semua respon semua validator masuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal Quiz, penjumlahan bersusun wordwall |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NURUL KHAVIDHLOH |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Amreta, Midya Yuli NIDN2130079101 Thesis advisor Sa'diyah, Zumrotus NIDN2108089102 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6509 |