SHOLEKAH, IMA MATUS (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN DENGAN MODEL INQUIRI LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH KELAS X DI MA AL-KHOIRIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (462kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (755kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (669kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (856kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (237kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (634kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Konten Dengan Model Inquiri Learning Terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Fikih Kelas X Di MA Al-Khoiriyah Balen. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang dihadapi siswa ketika mempelajari fikih. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, siswa kurang begitu aktif, dan juga siswa mudah jenuh apabila pembelajaran tidak dilakukan secara menarik dan menyenangkan oleh karena itu peneliti memberikan soluai dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi konten dengan model inquiry learning. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar siswa. Model pembelajaran inquiry learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, efektivitas dan
pengaruh pembelajaran berdiferensiasi konten dengan model inquiry learning terhadap peningkatan hasil belajar fikih. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design quasi eksperimen design (rancangan eksperimen semu),
Bentuk desain penelitian dengan pretest-posttest group design, yang melibatkan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dan Analisis data hasil belajar menggunakan Uji Independent Sample T-test.Hasil data yang diperoleh menunjukan nilai rata-rata kelas control yaitu 71.84 dan nilai kelas eksperimen yaitu 83.33, yang berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai kelas control. Sedangkan hasil dari uji independent sampel t-test mendapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Sesuai dengan kaidah dalam pengambilan keputusan jika sig.(2 tailed) < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan. Dikarenakan hasil uji independent sampel t-test menunjukan sig (2-tailed) sebesar 0,001 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten dengan model inquiry learning terhadap peningkatan hasil belajar fikih kelas X di MA Al-Khoiriyah Balen.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berdiferensiasi, model inquiry learning, hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ima Matus Sholekah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 01:50 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 01:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Choiri, Moh. Miftahul NIDN0704019003 Thesis advisor Shofiyuddin, Ahmad NIDN2115058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6492 |