EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF E-BOOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ISLAMIYAH MALO

NAJA, ASIFUN (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF E-BOOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ISLAMIYAH MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (911kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (664kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif e-book dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah Malo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Islamiyah Malo yang berjumlah 69 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan e-book interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.​Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan, serta angket untuk mengukur respon siswa terhadap penggunaan e-book interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan e-book interaktif dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits sangat positif, dengan mayoritas siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media interaktif e-book efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MA Islamiyah Malo. Disarankan agar sekolah mempertimbangkan penggunaan e-book interaktif sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Al-Qur'an Hadits, Media Interaktif, E-Book, Prestasi Belajar.
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ASIFUN NAJA
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:19
Last Modified: 19 Aug 2024 07:19
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Khumaini, Fahmi
NIDN2104099007
Thesis advisor
Muthi'uddin, Ahmad
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item
View Item