NAJA, ASIFUN (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF E-BOOK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MA ISLAMIYAH MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (286kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (911kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (946kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (850kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (791kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (561kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (664kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif e-book dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah Malo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Islamiyah Malo yang berjumlah 69 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan e-book interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan, serta angket untuk mengukur respon siswa terhadap penggunaan e-book interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan e-book interaktif dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits sangat positif, dengan mayoritas siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media interaktif e-book efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MA Islamiyah Malo. Disarankan agar sekolah mempertimbangkan penggunaan e-book interaktif sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran Al-Qur'an Hadits, Media Interaktif, E-Book, Prestasi Belajar. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ASIFUN NAJA |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:19 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Khumaini, Fahmi NIDN2104099007 Thesis advisor Muthi'uddin, Ahmad NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6452 |