EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 BOJONEGORO

SHOLIKHAH, SITI KURNIATUS (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perlunya memiliki self confidence dalam diri individu adalah untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya, sehingga individu memiliki keyakinan penuh atas dirinya. Namun, tidak semua peserta didik memiliki tingkat pada proses belajar, tidak semua peserta didik memiliki self confidence yang tinggi salah satunya dalam hal kegiatan pembelajaran. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan self confidence peserta didik dengan menggunakan teknik self-instruction. Metode penelitian yang digunakan berbentuk pre experimental design dengan mengunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data berupa angket, serta desain penelitian yang digunakan adalah one group pres-test post-test design. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Bojonegoro dengan jumlah populasi sebanyak 326 peserta didik dan sampel sebanyak 167 peserta didik. Dan dari 167 sampel tersebut peneliti memilih 7 peserta didik yang memiliki tingkat self confidence rendah untuk diberikan treatment sebanyak 7 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self confidence pada peserta didik setelah melaksanakan layanan konseling kelompok melalui teknik self-instruction dengan diperoleh hasil skor rata-rata pretest sebesar 111,5 dan nilai posttest dengan skor rata-rata sebesar 142,5. Kemudian data dianalisis dengan uji paired T-test dengan hasil yang menunjukkan angka signifikan antara nilai pretest dengan posttest dengan nilai signifikansi (2- tailed) p = 0,000 < 0,05 dengan arti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self instruction efektik untuk meningkatkan self confidence pesrta didik di MTs Negeri 1 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Confidence, Self Instruction, Konseling Kelompok
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 154 Psikologi bawah sadar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Siti Kurniatus Sholikhah
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:49
Last Modified: 19 Aug 2024 03:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SRIANTURI, M.Pd, YANUARI
NIDN0717019401
Thesis advisor
DISTIRA, M.Pd, RISKI PUTRA AYU
NIDN0702019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6415

Actions (login required)

View Item
View Item