SHOLIKHAH, SITI KURNIATUS (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama sunan Giri.
COVER.pdf
Download (214kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (470kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (866kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (952kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (233kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (524kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Perlunya memiliki self confidence dalam diri individu adalah untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya, sehingga individu memiliki keyakinan penuh atas dirinya. Namun, tidak semua peserta didik memiliki tingkat pada proses belajar, tidak semua peserta didik memiliki self confidence yang tinggi salah satunya dalam hal kegiatan pembelajaran. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan self confidence peserta didik dengan menggunakan teknik self-instruction. Metode penelitian yang digunakan berbentuk pre experimental design dengan mengunakan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data berupa angket, serta desain penelitian yang digunakan adalah one group pres-test post-test design. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Bojonegoro dengan jumlah populasi sebanyak 326 peserta didik dan sampel sebanyak 167 peserta didik. Dan dari 167 sampel tersebut peneliti memilih 7 peserta didik yang memiliki tingkat self confidence rendah untuk diberikan treatment sebanyak 7 kali pertemuan. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self confidence pada peserta didik setelah melaksanakan layanan konseling kelompok melalui teknik self-instruction dengan diperoleh hasil skor rata-rata pretest sebesar 111,5 dan nilai posttest dengan skor rata-rata sebesar 142,5. Kemudian data dianalisis dengan uji paired T-test dengan hasil yang menunjukkan angka signifikan antara nilai pretest dengan posttest dengan nilai signifikansi (2- tailed) p = 0,000 < 0,05 dengan arti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self instruction efektik untuk meningkatkan self confidence pesrta didik di MTs Negeri 1 Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Confidence, Self Instruction, Konseling Kelompok |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 154 Psikologi bawah sadar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Siti Kurniatus Sholikhah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:49 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:49 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SRIANTURI, M.Pd, YANUARI NIDN0717019401 Thesis advisor DISTIRA, M.Pd, RISKI PUTRA AYU NIDN0702019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6415 |