FITRIANI, NOVITA AMALIA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK BRAINSTORMING MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (33kB)
AWALAN.pdf
Download (373kB)
BAB I.pdf
Download (107kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (32kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (91kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Perilaku asertif merupakan perilaku yang memungkinkan untuk bertindak sesuai keinginan diri sendiri secara jujur tanpa menyinggung dan merugikan hak orang lain. Terdapat tiga aspek dalam perilaku asertif yaitu : 1) Expressive, 2) Persistent, dan 3) Open Heart. Layanan konseling kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perilaku asertif pada siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah buku ipengembangan panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari buku panduan ini telah melalui tahap uji ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli Bimbingan Konseling, ahli media dan calon pengguna produk (konselor). Dari hasil penilaian ahli BK menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku pengembangan panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma adalah 71,5% masuk dalam kategori tinggi (61%-80%). Ahli media menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma adalah 71,114% masuk dalam kategori tinggi (61%-80%). Ahli calon pengguna (konselor) menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma adalah 82,61% masuk dalam kategori tinggi (81%-100%). Kesimpulan yang didapat dari ketiga ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk (konselor) adalah bahwa buku panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan menarik untuk digunakan sebagai panduan bagi konselor SMA dalam melaksanakan layanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Teknik Brainstorming, Perilaku Asertif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Novita Amalia Fitriani |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6375 |