PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK BRAINSTORMING MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMA

FITRIANI, NOVITA AMALIA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK BRAINSTORMING MELALUI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku asertif merupakan perilaku yang memungkinkan untuk bertindak sesuai keinginan diri sendiri secara jujur tanpa menyinggung dan merugikan hak orang lain. Terdapat tiga aspek dalam perilaku asertif yaitu : 1) Expressive, 2) Persistent, dan 3) Open Heart. Layanan konseling kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan perilaku asertif pada siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah buku ipengembangan panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari buku panduan ini telah melalui tahap uji ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli Bimbingan Konseling, ahli media dan calon pengguna produk (konselor). Dari hasil penilaian ahli BK menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku pengembangan panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma adalah 71,5% masuk dalam kategori tinggi (61%-80%). Ahli media menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma adalah 71,114% masuk dalam kategori tinggi (61%-80%). Ahli calon pengguna (konselor) menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma adalah 82,61% masuk dalam kategori tinggi (81%-100%). Kesimpulan yang didapat dari ketiga ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk (konselor) adalah bahwa buku panduan pelatihan teknik brainstorming melalui konseling kelompok untuk meningkatkan asertifitas pada siswa sma sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan menarik untuk digunakan sebagai panduan bagi konselor SMA dalam melaksanakan layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Brainstorming, Perilaku Asertif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Novita Amalia Fitriani
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:52
Last Modified: 19 Aug 2024 02:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6375

Actions (login required)

View Item
View Item