FADHILAH, ANGGUN ROSANI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (238kB)
AWALAN.pdf
Download (717kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (795kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat menuntut setiap manusia untuk memiliki sikap ulet dan disiplin dalam meningkatkan sumber daya manusia, termasuk pada dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga diperlukan media pembelajaran e-modul matematika berbasis critical thinking untuk melatih kemampuan berpikir kritis (critical thinking) pada siswa. Materi dan soal pada e-modul disusun untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada siswa . E-Modul ini dibuat dengan menggunakan aplikasi canva. Canva merupakan salah satu solusi untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif yaitu e-modul matematika berbasis critical thinking.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Model penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analyze (analisis kebutuhan guru, siswa dan bahan literatur serta referensi materi), Design (perancangan e-modul), Development (pengembangan e-modul dan uji kevalidan), Implementation (uji kelayakan e-modul), dan Evaluation (evaluasi e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran e-modul matematika berbasis critical thinking. penelitian ini dilakukan di MTs Raudlatul Huda yang bertepatan di Desa Sukoharjo, Kecamatan kalitidu, Kabupaten Bojonegoro pada kelas VII B. Materi yang digunakan adalah aljabar. Hasil penelitian ini memperoleh persentase rata-rata 96% dari ahli media termasuk dalam kategori “ Sangat Valid”. Adapun dari ahli materi memperoleh persentase rata-rata 93% termasuk dalam kategori “ Sangat Valid”. Sedangkan dari respon siswa untuk kelayakan media memperoleh persentase rata-rata 84% termasuk dalam kategori “ Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran e-modul matematika berbasis critical thinking valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, ADDIE, Canva, Critical Thinking, Aljabar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 511 Prinsip-prinsip umum matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 513 Aritmatika, Aritmetika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANGGUN ROSANI FADHILAH |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:40 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KURNIAWATI, NANING NIDN0718098503 Thesis advisor CINDARBUMI, FESTIAN NIDN0709068903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6366 |