PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI ALJABAR KELAS VII

FADHILAH, ANGGUN ROSANI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (795kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat menuntut setiap manusia untuk memiliki sikap ulet dan disiplin dalam meningkatkan sumber daya manusia, termasuk pada dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga diperlukan media pembelajaran e-modul matematika berbasis critical thinking untuk melatih kemampuan berpikir kritis (critical thinking) pada siswa. Materi dan soal pada e-modul disusun untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada siswa . E-Modul ini dibuat dengan menggunakan aplikasi canva. Canva merupakan salah satu solusi untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif yaitu e-modul matematika berbasis critical thinking.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Model penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analyze (analisis kebutuhan guru, siswa dan bahan literatur serta referensi materi), Design (perancangan e-modul), Development (pengembangan e-modul dan uji kevalidan), Implementation (uji kelayakan e-modul), dan Evaluation (evaluasi e-modul). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran e-modul matematika berbasis critical thinking. penelitian ini dilakukan di MTs Raudlatul Huda yang bertepatan di Desa Sukoharjo, Kecamatan kalitidu, Kabupaten Bojonegoro pada kelas VII B. Materi yang digunakan adalah aljabar. Hasil penelitian ini memperoleh persentase rata-rata 96% dari ahli media termasuk dalam kategori “ Sangat Valid”. Adapun dari ahli materi memperoleh persentase rata-rata 93% termasuk dalam kategori “ Sangat Valid”. Sedangkan dari respon siswa untuk kelayakan media memperoleh persentase rata-rata 84% termasuk dalam kategori “ Sangat Layak”. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran e-modul matematika berbasis critical thinking valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Modul, ADDIE, Canva, Critical Thinking, Aljabar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 511 Prinsip-prinsip umum matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 513 Aritmatika, Aritmetika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANGGUN ROSANI FADHILAH
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:40
Last Modified: 21 Aug 2024 06:40
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
Thesis advisor
CINDARBUMI, FESTIAN
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item
View Item