EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA NEGERI I KALITIDU

AFIDAH, NOVIANA DWI NUR (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA NEGERI I KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Self-regulated learning rendah merupakan suatu keadaan siswa yang merasa kesusahan dalam belajar dan rendah rasa tanggung jawab atas tugas yang dimiliki sebab selalu bergantung dengan orang lain dalam proses belajarnya. Diperlukan tingkat Self-regulated learning yang tinggi untuk meningkatkan prestasi belajar. Model konseling kelompok dengan teknik Self talk dapat efektif meningkatkan Self-regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Self-regulated learning siswa dengan menerapkan konseling kelompok Self talk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan Pre-eksperimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 7 siswa dengan menggunakan layanan konseling kelompok dan diberikan layanan selama 6 pertemuan. Pengumpul data menggunakan instrumen Self-regulated learning, teknik purposive sampling untuk memilih sampel data dari 163 siswa sebagai data tabulasi awal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji Paired T-test. Berdasarkan hasil uji Paired T-test diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikansi. Hasil membuktikan bahwa layanan konseling kelompok teknik self talk dapat meningkatkan Self-regulated learning siswa dibuktikan setelah diberikan layanan siswa mampu mengatur kemampuannya dalam belajar sebagai usaha meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self talk, Self-regulated learning
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: NOVIANA DWI NUR AFIDAH
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:33
Last Modified: 19 Aug 2024 08:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
DISTIRA, RISKI PUTRA AYU
NIDN0702019301
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item
View Item