ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) WRITING TOOLS ON THE CONTENT AND ORGANIZATION OF STUDENTS’ WRITING: EFL STUDENTS’ PERSPECTIVE

MURSIDHA, AINI NUR (2024) ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) WRITING TOOLS ON THE CONTENT AND ORGANIZATION OF STUDENTS’ WRITING: EFL STUDENTS’ PERSPECTIVE. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Menulis bahasa Inggris adalah sebuah masalah bagi mahasiswa EFL semester akhir untuk menyelesaikan skripsi mereka. Sehingga teknologi AI menjadi alat yang dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis mereka. Peneliti melakukan penelitian ini pada tiga mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri untuk mengetahui alat bantu AI apa yang paling sering digunakan dan perspektif mereka tentang AI dalam konten dan organisasi penulisan mahasiswa. Penelitian ini melampirkan hasil tulisan siswa sebelum dan sesudah menggunakan AI sebagai keterbaruan penelitian dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur. Hasil pertama dari penelitian ini adalah alat AI yang paling sering mereka gunakan adalah Grammarly, diikuti oleh AI lainnya yaitu QuillBot, Perplexity AI, DeepL Translator, dan Chat GPT. Hasil kedua adalah para responden memberikan pandangan yang positif: AI tools dapat mendukung, meningkatkan, dan mempermudah penulisan mereka dalam menyusun tesis, dan perspektif negatif: AI tools harus menggunakan akses data internet yang stabil, adanya pembatasan penggunaan dan bahkan beberapa AI tools hanya diperuntukkan bagi pengguna premium, dapat menjadikan ketergantungan serta kreatifitas dan produktifitas siswa dapat menurun. Penelitian ini dapat membantu para pengajar dalam proses pengajaran dan pengembangan di bidang penulisan lebih mudah dan sistematik dengan bantuan alat-alat AI. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan kelas pembanding dan memperluas cakupan penelitian serta mengembangkannya dengan menggunakan lebih banyak instrumen penelitian untuk lebih memperkuat hasil.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Menulis, Teknologi, AI, Konten dan Organisasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nur Aini Mursidha
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:30
Last Modified: 16 Aug 2024 04:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATONI, MOHAMMAD
NIDN0710038503
Thesis advisor
PUTRI, NANIN VERINA WIDYA
NIDN0703039601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item
View Item