KAMALA, ALFIATUL (2024) KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (170kB)
AWALAN.pdf
Download (875kB)
BAB I.pdf
Download (622kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (377kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (612kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Kepercayaan diri merupakan aspek yang penting dalam kehidupan individu terutama siswa. Dalam proses pembelajaran, kepercayaan diri memegang peranan yang penting karena siswa yang memiliki kepercayaan yang tinggi akan mampu memahami dan mengontrol dirinya dengan baik sehingga ia mampu bersikap dan bertindak dengan baik. Siswa yang tidak memiliki kepercayaan diri akan merasa cemas, takut, ragu dan malu dalam bertindak, sehingga pada proses pembelajaran menjadi terganggu. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan suatu teknik atau metode yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa seperti layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self talk efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian True Eksperimental Design. Sampel pada penelitian ini adalah 207 responden, dari 207 responden tersebut dianalisis tingkat kepercayaan diri sehingga dipilih 24 siswa terendah. Dari 24 siswa tersebut dipilih secara acak dengan menggunakan teknik simple random sampling dan dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu kelompok eksperimen (diberikan perlakuan) dan kelompok kedua yaitu kelompok kontrol (tidak diberi perlakuan). Berdasarkan data dari 24 siswa yang terdiri dari 2 kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) bahwa diperoleh hasil pretest dari 12 siswa kelompok eksperimen dengan rata-rata 64%, setelah diberikannya treatment rata-rata hasil posttest menjadi 77%. Terdapat peningkatan sebelum dan sesudah diberikannya treatment pada kelompok eksperimen. Sedangkan 12 siswa kelompok kontrol hasil pretest dengan rata-rata 62% dan untuk posttest rata rata 62%. Tidak ada peningkatan pada kelompok kontrol. Dari kedua kelompok tersebut memiliki selisih hasil posttest sebanyak 15%. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik self talk efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Dengan layanan bimbingan kelompok dapat memudahkan proses pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan efektif dan berjalan dengan lancar sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok, teknik self talk, kepercayaan diri, siswa SMP |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | ALFIATUL KAMALA |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 04:43 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 04:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANUNGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 Thesis advisor TAWAKKAL, M.IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6244 |