Pengembangan Panduan Pelatihan Konseling Individu Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Broken Home SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN

PUTRI, YULIA MEGA (2024) Pengembangan Panduan Pelatihan Konseling Individu Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Broken Home SMKN 1 SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka .pdf] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (580kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi bukan merupakan suatu sifat yang melekat pada diri seseorang, melainkan merupakan hasil dari suatu proses. Resiliensi merupakan suatu kapasitas sesorang untuk bertahan dalam situasi yang sedang dihadapi. Penelitian ini dilandansi oleh tingginya siswa yang resiliensi rendah berlatar belakang keluarga broken home melampiaskan dalam bentuk kenakalan remaja seperti membolos, tidak percaya diri, mencuri, kurangnya sikap menghargai seseorang dan motivasi sekolah yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah panduan pelatihan konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy untuk meningkatkan resiliensi anak broken home SMK. Pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, skala resiliensi anak broken home yang diberikan pada subjek penelitian yaitu siswa yang berlatar belakang keluarga broken home dari kelas 10 dan 11 SMKN 1 Singgahan. Hasil dari analisis data yang diberikan ke 71 siswa memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 61,79%. Produk yang dihasilkan telah lolos uji coba ke 2 ahli BK, dan 3 praktisi yang menyatakan bahwa panduan pelatihan konseling individu dengan pendekatan cognitive behavior therapy untuk meningkatkan resiliensi anak broken home berguna dan layak dipakai untuk meningkatkan resiliensi anak broken home.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Cognitive Behavior Therapy, Resiliensi, Broken Home
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Yulia Mega Putri
Date Deposited: 16 Aug 2024 05:23
Last Modified: 16 Aug 2024 05:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Distira, Riski Putra Ayu
NIDN0702019301
Thesis advisor
Efendi, Moh. Yusuf
NIDN07060118902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item
View Item