KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SYMBOLIC MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA SMA/MA

FITRIANA, DEWI (2024) KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SYMBOLIC MODELLING UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA SMA/MA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Self-esteem rendah merupakan keadaan di mana siswa cenderung memiliki perasaan negatif terhadap dirinya sendiri. Mereka merasa kurang percaya diri dengan kemampuan mereka, sering merasa tidak berharga, sulit mengungkapkan pendapat atau ide mereka, suka mencari pengakuan dari orang lain, sulit menghadapi tekanan sosial dan kritik, serta cenderung mencari kesempurnaan atau pengakuan eksternal. Mereka juga rentan terhadap perasaan cemas, depresi, atau stres yang tinggi, yang dapat berdampak besar pada kinerja akademik dan kesehatan mental mereka. Berdasarkan masalah tersebut, perlu adanya layanan dan teknik yang tepat untuk meningkatkan permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas buku panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Symbolic Modelling untuk meningkatkan Self-esteem pada siswa, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true experimental jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel yang akan digunakan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok, 15 kelompok kontrol, dan 15 siswa kelompok eksperimen dari jumlah sampel 213 siswa dan jumlah populasi 550 siswa. Siswa yang masuk dalam kelompok eksperimen akan diberikan treatment selama 6 kali pertemuan sesuai dengan buku panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok teknik symbolic modelling untuk meningkatkan Self-esteem siswa SMA/MA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Self-Esteem siswa pada kelompok kontrol tidak meningkat signifikan dari rata-rata 46% (pretest) menjadi 48 % (posttest), peningkatan yang tidak signifikan karena masih dalam kategori rendah (hanya meningkat 2%). Sedangkan pada kelompok eksperimen, tingkat Self-Esteem siswa meningkat dari rata-rata 43% (pretest) menjadi 73% (posttest), peningkatan yang signifikan sebesar 30%. Selisih rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 25%, yang menunjukkan bahwa panduan pelatihan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Symbolic Modelling dapat efektif dalam meningkatkan Self-esteem siswa SMA Negeri 1 Bangilan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Symbolic Modelling, Self-esteem.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Dewi Fitriana
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:59
Last Modified: 16 Aug 2024 06:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item
View Item