PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK BEHAVIOR CHART UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMP/MTs

YUNANI, ANISAH FATMA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK BEHAVIOR CHART UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMP/MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku asertif adalah kemampuan mengkomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan dan dipikirkan namun tetap menghargai hak-hak orang lain. Dari hasil studi pendahuluan pada dua sekolah menengah pertama menyatakan bahwa tingkat perilaku asertif dalam kategori rendah sehingga diperlukan layanan bimbingan kelompok teknik behavior chart untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dikutip oleh Sugiyono (2018), dari 10 tahapan dalam prosedur penelitian pengembangan ini peneliti hanya menggunakan tujuh dasar tahapan dari penelitian R&D yang akan dilakukan yaitu : tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi produk, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, dan tahap revisi produk. Hasil penelitian berupa buku panduan model bimbingan kelompok teknik behavior chart yang telah melewati tiga uji ahli bimbingan konseling memperoleh hasil rata-rata 71,37% termasuk kategori tinggi, tiga uji ahli media memperoleh hasil rata-rata 71,11% termasuk kategori tinggi dan tiga calon pengguna produk memperoleh hasil rata-rata 87,60% termasuk kategori sangat tinggi, serta memenuhi aspek kegunaan, kelayakan , ketepatan dan kemenarikan. Sehingga dapat digunakan konselor sebagai pedoman dalam memberikan layanan bimbingan kelompok teknik behavior chart untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa SMP/MTs. Dari hasil komitmen tersebut siswa memiliki pemahaman untuk lebih bisa bertindak sesuai dengan keinginannya sendiri. Pada lembar komitmen tersebut siswa juga menuliskan bahwa akan melakukan hal-hal yang membuat mereka bisa bertindak sesuai dengan keinginannya sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik behavior chart
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Anisah Fatma Yunani
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:00
Last Modified: 16 Aug 2024 07:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
EFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item
View Item