PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN MONOPOLI BIMBINGAN KONSELING (MONOBILING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

SARI, DEWI MONICA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN MONOPOLI BIMBINGAN KONSELING (MONOBILING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar merupakan sebuah dorongan atau usaha yang timbul dari dalam maupun luar diri individu dalam hal belajar. Layanan bimbingan kelompok adalah sebuah layanan konseling yang diberikan dalam bentuk berkelompok. Dalam buku panduan ini intervensi yang dilakukan oleh konselor dengan menggunakan media permainan monopoli di dalamnya. Permainan monopoli adalah permainan mengumpulkan kekayaan yang menggunakan papan dan dibentuk petak-petak tanah, permainan ini dapat melatih keberanian, daya ingat, dan kemampuan berpikir individu. Dari hasil analisis instrumen motivasi belajar yang dibagikan pada siswa SMP terdapat 46 siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan persentase 71,9%. 13 siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dengan persentase 20%. Dan 5 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan persentase 7,8%. Hasil dari buku panduan ini telah melewati tahap tiga uji ahli dan uji coba kelompok kecil, tiga ahli tersebut yaitu ahli bimbingan konseling, ahli media dan ahli calon pengguna produk. Sedangkan uji kelompok kecil dilakukan dikelas VIIIG dengan jumlah 20 peserta layanan. Uji kepada para ahli ini yang pertama diberikan pada ahli BK dengan perolehan nilai 96% di aspek kegunaan, 92% di aspek kelayakan, dan 100% di aspek ketepatan. Selanjutnya ahli Media dengan perolehan nilai 74% dalam aspek Kemenarikan. Kemudian Calon pengguna produk dengan perolehan nilai 94% di aspek kegunaan, 92% di aspek kelayakan dan 100% di aspek ketepatan. Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga ahli tersebut Panduan Pelatihan Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Monopoli Bimbingan Konseling (Monobiling) ini dikatakan berguna untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, artinya buku panduan tersebut sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan menarik, untuk digunakan sebagai panduan bagi konselor SMP. Sedangkan hasil uji kelompok kecil ini dapat disimpulkan berdasarkan pengamatan saat pemberian layanan bahwa panduan tersebut menarik dan sesuai untuk siswa SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, monopoli, motivasi belajar
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Dewi Monica Sari
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:42
Last Modified: 16 Aug 2024 02:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
EFENDI, MOH. YUSUF
NIDN0706018902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6168

Actions (login required)

View Item
View Item