EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI MTS ISLAMIYAH BALEN

Fauziyah, Uyunul (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI MTS ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Self efficacy adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Self efficacy penting untuk mengatur perilaku dan keyakinan siswa yang diperlukan agar menghasilkan pencapaian tujuan dan hasil belajarnya. Self efficacy memiliki tiga aspek atau dimensi (1) Dimensi tingkat (level), (2) Dimensi kekuatan (strength), (3) Dimensi generalisasi (generality). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII MTs Islamiyah Balen dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Pre-experimental design dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun pengumpulan data menggunakan instrumen self efficacy, observasi dan wawancara, teknik purposif sampling digunakan untuk memilih 8 sampel dari 104 responden yang akan di berikan layanan konseling kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, dan uji paired sampel T-test. Berdasarkan hasil uji paired sampel T-test diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Penelitian konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring terbukti efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Self Efficacy
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Uyunul Fauziyah
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:47
Last Modified: 15 Aug 2024 07:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SRIANTURI, YANUARI
NIDN0717019401
Thesis advisor
SETYONINGSIH, YUNITA DWI
NIDN07150494015
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6146

Actions (login required)

View Item
View Item