Janah, Vina Roudlotul (2024) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN REGULASI DIRI TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X DI SMK TARUNA BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (199kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (642kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (629kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (870kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (782kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (392kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (504kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah perilaku sering menunda-nunda menyelesaikan suatu tugas dan lebih memilih melakukan aktivitas lain secara sengaja dan dilakukan berulang-ulang. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan diantaranya : 1) Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dan regulasi diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X di SMK Taruna Balen 2) Untuk mengetahui hubungan regulasi diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X di SMK Taruna Balen 3) Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dan regulasi diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas X di SMK Taruna Balen. Dengan aspek-aspek 3 variabel. Dukungan sosial 1) Dukungan Emosional (Emotional Support), 2) Dukungan Instrumental (Instrumental Support) 3) Dukungan Penilaian (Appraisal Support) 4) Dukungan Informasi (Informational Support). Regulasi diri 1) Metakognitif 2) Motivasional 3) Kognitif 4) Sumber daya. Prokrastinasi akademik yaitu 1) Membuang waktu dengan sia-sia 2) Kesulitan dan penghindaran dalam melakukan sesuatu yang tidak disukai 3) Menyalahkan orang lain. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif desain korelasi ex post facto dan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,870. Dan R Square memiliki nilai 0,758 yang berarti bahwa variabel dukungan sosial orang tua dan variabel regulasi diri memiliki pengaruh dengan nilai yang sama sebesar yaitu 75,8% terhadap prokrastinasi akademik. Artinya ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang kuat dan memiliki signifikasi yang positif. Hasil tersebut diketahui dari tabel pearson correlation.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial Orang Tua, Regulasi Diri, Prokratinasi Akademik |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Vina Roudlotul Janah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:07 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Srianturi, Yanuari NIDN0717019401 Thesis advisor Setyoningsih, Yunita Dwi NIDN0710068404 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6134 |