PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI FILMORA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI KELAS XI MA AN-NAFI’AH BANJARAN

MUBAROK, AHMAD ROZIQUL (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI FILMORA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI KELAS XI MA AN-NAFI’AH BANJARAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proses menghafal dengan menggunakan media audio visual adalah perantara untuk memudahkan peserta didik menghafal. Bukan hanya dengan bacaan gurunya saja di kelas, akan tetapi peserta didik bisa mengulang-ulang ayat dengan menggunakan media audio visual. Pemanfaatan media audio visual sangat mempermudah dalam menghafal ayat Al-Qur’an sehingga dibuat menjadi lebih menarik dan bermakna. Selain itu juga media audio visual mampu melatih fokus anak didik dalam menyimak. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penggunaan media audio visual berbasis aplikasi Filmora dan tidak menggunakan media dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MA An-nafi’ah Banjaran. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisisnya pada data Angka. Media Audio Visual berbasis Filmora memberikan peningkatan dalam menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil tes sesudah diberikan perlakuan (Posttets) dalam menghafal ayat Al-Qur’an dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual filmora dalam mengahafalnya pada 10 orang anak pada hasil postest berada di presentase 24%. Jika berada pada tabel klasifikasi berada pada presentase Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur'an, Media Pembelajaran, Filmora
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk orang dewasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Roziqul Mubarok
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:10
Last Modified: 16 Aug 2024 03:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Khumaini, Fahmi
NIDN2104099007
Thesis advisor
Muthi'uddin, Ahmad
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item
View Item