PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK GEDOG TUBAN DENGAN BERPIKIR KREATIF MATERI BARISAN DAN DERET

SHOFIANA, SHINTYA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK GEDOG TUBAN DENGAN BERPIKIR KREATIF MATERI BARISAN DAN DERET. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (955kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (510kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dalam menghadapi perkembangan teknologi di era super smart society (society 5.0) diperlukan kemampuan berpikir kreatif dengan mengintegrasikan budaya lokal yaitu motif batik gedog Tuban. Sehingga upaya yang dapat mendukung pembelajaran yaitu berupa media pembelajaran E-Modul etnomatematika. E-modul etnomatematika merupakan sebuah modul yang disajikan dalam bentuk elektronik dengan mengintegrasi budaya ke dalam konsepkonsep matematika. FlipHTML5 adalah salah satu solusi untuk pengembanagan media pembelajaran E-modul secara interaktif.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (kurikulum, kebutuhan, dan budaya ), Design (rancangan E-Modul), Development (pengembangan E-Modul dan uji kevalidan), Implementation (uji kelayakan), and Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran E-Modul etnomatematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Bojonegoro pada siswa kelas X. Materi yang digunakan adalah barisan dan deret.
Hasil penelitian dari ahli media memperoleh skor 91,06% termasuk dalam kriteria “media sangat valid”. Adapun dari ahli materi memperoleh skor akhir 100% termasuk dalam kriteria “media sangat valid”. Dan dari respon siswa untuk kelayakan media pembelajaran memperoleh skor 88,22% termasuk dalam kriteria “media sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan Media pembelajaran E-Modul etnomatematika valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Etnomatematika, Berpikir Kreatif.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Shintya Shofiana
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:11
Last Modified: 16 Aug 2024 04:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
KURNIAWATI, NANING
NIDN0718098503
Thesis advisor
FITRI, ANISA
NIDN0705019103
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item
View Item