SHOFIANA, SHINTYA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK GEDOG TUBAN DENGAN BERPIKIR KREATIF MATERI BARISAN DAN DERET. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (73kB)
Awalan.pdf
Download (955kB)
BAB I .pdf
Download (510kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (311kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (589kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan dalam menghadapi perkembangan teknologi di era super smart society (society 5.0) diperlukan kemampuan berpikir kreatif dengan mengintegrasikan budaya lokal yaitu motif batik gedog Tuban. Sehingga upaya yang dapat mendukung pembelajaran yaitu berupa media pembelajaran E-Modul etnomatematika. E-modul etnomatematika merupakan sebuah modul yang disajikan dalam bentuk elektronik dengan mengintegrasi budaya ke dalam konsepkonsep matematika. FlipHTML5 adalah salah satu solusi untuk pengembanagan media pembelajaran E-modul secara interaktif.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (kurikulum, kebutuhan, dan budaya ), Design (rancangan E-Modul), Development (pengembangan E-Modul dan uji kevalidan), Implementation (uji kelayakan), and Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran E-Modul etnomatematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Bojonegoro pada siswa kelas X. Materi yang digunakan adalah barisan dan deret.
Hasil penelitian dari ahli media memperoleh skor 91,06% termasuk dalam kriteria “media sangat valid”. Adapun dari ahli materi memperoleh skor akhir 100% termasuk dalam kriteria “media sangat valid”. Dan dari respon siswa untuk kelayakan media pembelajaran memperoleh skor 88,22% termasuk dalam kriteria “media sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan Media pembelajaran E-Modul etnomatematika valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Etnomatematika, Berpikir Kreatif. |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Shintya Shofiana |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 04:11 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 04:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KURNIAWATI, NANING NIDN0718098503 Thesis advisor FITRI, ANISA NIDN0705019103 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6100 |