PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BALEN

ROHMAWATI, ROHMAWATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa SMP Negeri 1 Balen. Penggunaan metode pembelajaran kooperatif numbered heads together(NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Merujuk pada berbagai model dan pendekatan, guru dapat bervariasi dalam kegiatan pembelajaran, yang pada akhirnya akan menarik minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain Pre-Eksperimental Tipe One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini yaitu kelas VIII-F yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui adakah pengaruh dalam penelitian ini, maka dilakukan tahapan pengujian diantaranya, uji validitas, uji deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengukuran pretest menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 49,3750dan rata-rata nilai posttest sebesar 91,8750 hasil ini mengindikasikan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest. Berdasarkan signifikansi dari uji paired sample t test yaitu 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan tidak diterima pada taraf nyata 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan sesudah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balen.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam. numbered heads together (NHT), signifikansi
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rohma wati
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:57
Last Modified: 16 Aug 2024 02:57
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Silfiyah, Khoirotus
NIDN2119049201
Thesis advisor
Abdi Muhammad, Alaika
NIDN0719019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6096

Actions (login required)

View Item
View Item