IMPLEMENTASI GOOGLE BARD ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI TOLERANSI FASE F DI SMKN TEMAYANG

Rahman, Rizal Firdiansyah (2024) IMPLEMENTASI GOOGLE BARD ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI TOLERANSI FASE F DI SMKN TEMAYANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan era digital saat ini, pendidikan dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti kurangnya minat belajar siswa, keterbatasan materi ajar, dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Salah satu platform AI yang dapat digunakan dalam pendidikan adalah AI Bard.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan Google Bard Artificial Intelligence (AI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) materi toleransi fase F di SMKN Temayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan Google Bard AI dalam pembelajaran PAI materi toleransi di SMKN Temayang telah digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan: (1) meningkatnya pemahaman siswa tentang materi toleransi; (2) meningkatnya motivasi belajar siswa; (3) meningkatnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran; (4) meningkatnya rasa toleransi siswa terhadap perbedaan.
Namun, pemanfaatan Google Bard AI dalam pembelajaran PAI materi toleransi juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu: (1) membutuhkan akses internet yang stabil; (2) membutuhkan pelatihan bagi guru untuk menggunakan Google Bard AI; (3) perlu peningkatan pengawasan yang akan mengakibatkan potensi penyalahguaanan teknologi Google Bard AI.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bard AI, Toleransi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIZAL FIRDIANSYAH RAHMAN
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:37
Last Modified: 22 Aug 2024 02:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN2124028403
Thesis advisor
Fahru, Rozi
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item
View Item