PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTS PLUS NABAWI KEDUNGADEM BOJONEGORO

AZHAR, SYAIFUDDIN (2024) PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTS PLUS NABAWI KEDUNGADEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media dengan tampilan visual seperti komik, dapat mebantu siswa mengimajinasikan informasi yang terdapat dalam komik. Tentunya komik digital ini sangat baik apabila digunakan pada mata pelajaran dengan karakteristik memiliki materi yang banyak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan konsep media komik digital dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mapel SKI. 2) Menunjukkan strategi penggunaan media komik digital dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mapel SKI. 3) Mengetahui hasil penggunaan media komik digital dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mapel SKI. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenalogi. Kualitatif fenomenologi mendeskripsikan keadaan yang diamati dilapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam terhadap fokus penelitian yang telah diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep penggunaan media komik digital dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa pada mapel SKI yang mana cukup banyak sehingga guru membutuhkan media yang efektif, serta media komik ini mudah dibuat, dan mampu menarik perhatian siswa. (2) Startegi yang digunakan dalam menerapkan media komik digital ialah dengan model pemaparan komik, diskusi, dan tanya jawab. (3) Hasil penggunaan media komik digital dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajara siswa terlihat pada respon dan antusias siswa saat megikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan islam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syaifuddin Azhar
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:16
Last Modified: 26 Aug 2024 01:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
NIDN2115058905
Thesis advisor
ISROANI, FARIDA
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6088

Actions (login required)

View Item
View Item