EFEKTIVITAS TEKNIK SELF- CONTROL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP TRI TUNGGAL SUGIHWARAS

NURYAHANI, FIKI (2021) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF- CONTROL UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP TRI TUNGGAL SUGIHWARAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of sampul skripsi.pdf] Text
sampul skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (918kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang mendapati masalah disiplin belajar yang rendah sehingga ingin dilakukan penelitian dengan judul Efektivitas teknik self-control untuk meningkatkan disiplin belajar terhadap siswa kelas VIII SMP Tri Tunggal tahun ajaran 2021/2022. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan disiplin belajar terhdap siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian kuantitatif pre-experimen dengan mengunakan metode design one grup pre-tes–post-test. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 16 siswa dari kelas VIII SMP Tri Tunggal yang mempunyai disiplin belajar dalam tingkatan rendah. teknik self-control yang dilakukan selama 2 kali. Subjek observasi dua kali Pre-tes–post-test. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan, angket, dan observasi. Hasil rata-rata skor disiplin belajar sebelum mengikuti bimbingan kelompok dengan pengunaan teknik self-control yaitu 25,76 dan setelah mengikuti bimbingan kelompok dengan memanfaatkan teknik self-control meningkat menjadi 35,20 berdasarkan hasil reliabilitas di ketahui angka Cronbach’s Alpha tersebut lebih besar dari pada nilai minimum adalah 937. Oleh karna itu bisa disimpulkan bahwa, instrument yang digunakan untuk mengukur variabel efektivitas-efektivitas teknik self-control terhadap disiplin belajar siswa bisa ditanyakan realibel (dapat dipercaya). Berarti bimbingan kelompok dengan teknik self-control efektif dalam meningkatkan disiplin belajar terhadap siswa kelas VIII SMP Tri Tunggal Sugihwaras.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self-control, disiplin belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:10
Last Modified: 07 Apr 2022 03:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item
View Item