SAFITRI, NEVIA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (39kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (376kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (599kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (338kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (407kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB) | Request a copy
Abstract
Kematangan karir merupakan gambaran kesesuaian antara individu dengan pekerjaannya serta dinamikanya dalam pembuatan keputusan pilihan studi/pekerjaan. Terdapat lima aspek dalam kematangan karir yaitu : 1) perencanaan karir, 2) eksplorasi karir, 3) pengetahuan tentang dunia kerja, 4) pengetahuan tentang pengambilan keputusan karir, dan 5) pengetahuan tentang pekerjaan yang diinginkan. Layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan dalam meningkatkan kematangan karir siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari buku panduan ini telah melalui tahap uji ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli bimbingan konseling, ahli media dan calon pengguna produk (konselor). Dari hasil penilaian ahli BK menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling adalah 88,11% dan masuk pada kriteria sangat tinggi (81%-100%). Ahli media menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling adalah 68,89% dan masuk pada kategori tinggi (61%-80%). Ahli calon pengguna (konselor) menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling adalah 92,94% dan masuk pada kriteria sangat tinggi (81%-100%). Berdasarkan dari hasil penilaian ketiga ahli dan uji coba kelompok kecil tersebut menyatakan bahwa pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling bermanfaat untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA. Kesimpulan yang didapat dari ketiga ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk (konselor) adalah bahwa buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan menarik untuk digunakan sebagai panduan bagi konselor SMA dalam melaksanakan layanan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Symbolic Modeling, Kematangan Karir, Siswa. |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Nevia Safitri |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:34 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI NIDN0715049401 Thesis advisor TAWAKKAL, M. IQBAL NIDN0707038802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6056 |