PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA

SAFITRI, NEVIA (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Kematangan karir merupakan gambaran kesesuaian antara individu dengan pekerjaannya serta dinamikanya dalam pembuatan keputusan pilihan studi/pekerjaan. Terdapat lima aspek dalam kematangan karir yaitu : 1) perencanaan karir, 2) eksplorasi karir, 3) pengetahuan tentang dunia kerja, 4) pengetahuan tentang pengambilan keputusan karir, dan 5) pengetahuan tentang pekerjaan yang diinginkan. Layanan bimbingan kelompok merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan dalam meningkatkan kematangan karir siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari buku panduan ini telah melalui tahap uji ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli bimbingan konseling, ahli media dan calon pengguna produk (konselor). Dari hasil penilaian ahli BK menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling adalah 88,11% dan masuk pada kriteria sangat tinggi (81%-100%). Ahli media menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling adalah 68,89% dan masuk pada kategori tinggi (61%-80%). Ahli calon pengguna (konselor) menunjukkan rata-rata akseptabilitas buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling adalah 92,94% dan masuk pada kriteria sangat tinggi (81%-100%). Berdasarkan dari hasil penilaian ketiga ahli dan uji coba kelompok kecil tersebut menyatakan bahwa pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling bermanfaat untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA. Kesimpulan yang didapat dari ketiga ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk (konselor) adalah bahwa buku panduan pelatihan bimbingan kelompok dengan teknik symbolic modeling untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMA sangat berguna, sangat layak, sangat tepat dan menarik untuk digunakan sebagai panduan bagi konselor SMA dalam melaksanakan layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Symbolic Modeling, Kematangan Karir, Siswa.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nevia Safitri
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:34
Last Modified: 15 Aug 2024 03:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANINGRUM, VESTI DWI
NIDN0715049401
Thesis advisor
TAWAKKAL, M. IQBAL
NIDN0707038802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6056

Actions (login required)

View Item
View Item