ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI GOPAY DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

SALSABILA, VANIA (2024) ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI GOPAY DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I..pdf] Text
BAB I..pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II..pdf] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III..pdf] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV..pdf] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V..pdf] Text
BAB V..pdf

Download (4MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of LAMPIRAN..pdf] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Gopay di Google Play Store menggunakan metode Naive Bayes dengan dua label sentimen, yaitu positif dan negatif. Dataset yang digunakan berjumlah 955 ulasan. Proses penelitian mencakup beberapa tahap, yaitu Scraping data yang dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Python melalui Google Colab, lalu Preprocessing yang meliputi Cleaning, Case Folding, Stopword Removal, Tokenizing, dan Stemming. Selanjutnya ekstraksi fitur menggunakan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Model Naïve Bayes Naive Bayes dipilih karena kemampuannya dalam mengklasifikasikan teks dengan akurasi yang tinggi meskipun pada data yang tidak terlalu besar.Selanjutnya evaluasi kinerja model dilakukan menggunakan Confusion Matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi dicapai dengan nilai akurasi sebesar 86 %, precision 92% dan recall 73%. Hal ini menunjukkan bahwa 82,521% Metode Naïve Bayes dapat memprediksi kelas dengan benar. Dengan demikian, Performa Metode Naïve Bayes untuk analisis sentimen aplikasi Gopay baik karena dapat memprediksi banyak kelas data dengan benar dengan rincian 100 data benar-benar positif dan 60 data benar-benar negatif. Kata kunci : Analisis Sentimen, Gopay, Naïve Bayes

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Gopay, Naive Bayes
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer > 004.678 Internet, World Wide Web/Internet
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Vania Salsabila
Date Deposited: 15 Aug 2024 05:22
Last Modified: 15 Aug 2024 05:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
VIKRI, MUHAMMAD JAUHAR
NIDN0712078803
Thesis advisor
SA'IDA, ITA ARISTIA
NIDN0708039101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item
View Item