REVISITING OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) METHOD ON STUDENTS' SPEAKING SKILLS IN INDEPENDENT CURRICULUM

ZAIDAH, ROBIUZ (2024) REVISITING OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) METHOD ON STUDENTS' SPEAKING SKILLS IN INDEPENDENT CURRICULUM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kurikulum mandiri ini, lanskap pendidikan yang terus berkembang menuntut penilaian terus menerus terhadap metodologi pengajaran agar dapat beradaptasi dengan tujuan pembelajaran kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa guru pada Kurikulum Independen mengajar bahasa Inggris dengan menerapkan metode pengajaran bahasa komunikatif, dan untuk mengidentifikasi potensi tantangan dan peluang pembelajaran bahasa Inggris melalui metode pengajaran bahasa komunikatif pada Kurikulum Independen. Pendekatan CLT, yang dikenal dengan penekanannya pada interaksi dan komunikasi praktis, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan mensimulasikan skenario kehidupan nyata dan mendorong pembelajaran mandiri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas dan wawancara guru untuk mengetahui pengalaman dan persepsi siswa dan pendidik mengenai metode CLT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CLT efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, serta mudah diadaptasi dan diintegrasikan ke dalam kurikulum mandiri.penelitian ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara metode pengajaran bahasa tradisional dan kebutuhan dinamis pembelajar modern, yang pada akhirnya meningkatkan kompetensi komunikatif dan mempersiapkan siswa untuk interaksi global.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT), keterampilan berbicara siswa, persepsi, tantangan, kurikulum mandiri.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 428 Penggunaan bahasa Inggris baku (linguistik preskriptif)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Zaidah Robiuz
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:44
Last Modified: 14 Aug 2024 08:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATONI, MOHAMMAD
NIDN0710038503
Thesis advisor
ZUMRUDIANA, AINU
NIDN0722128605
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item
View Item