PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Saputra, Oktavio Bima (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of LAMPIRAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan disini adalah pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall (1983) dalam pengembangan media ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP adalah model pengembangan yang dimulai dengan penelitian dan pengumpulan informasi. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan instrumen motivasi belajar, sedangkan di dalam pengembangan produk penulis menggunakan data kuantitatif (Instrumen uji ahli BK, Media, dan Calon pengguna produk) dan data kualitatif (Saran dan masukan dari uji ahli). Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang penelitian dan pengembangan sebagai pedoman konselor dalam membantu meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan media ular tangga sangat layak dan tepat. Berdasarkan hasil uji (1) panduan disusun berdasarkan assessment berupa wawancara kepada konselor sekolah dan pelancaran angket kepada siswa, sehingga memiliki indikasi kebutuhan tinggi bagi konselor sekolah dalam proses memberikan layanan bimbingan dan konseling; (2) panduan ini bersifat ilmiah, artinya panduan ini disusun berdasarkan beberapa rujukan ilmiah, serta telah diuji secara empiris melalui tahap uji akseptabilitas oleh ahli BK, ahli media dan calon pengguna produk; (3) panduan ini dikembangkan menggunakan media ular tangga motivasi (teori) Sardiman penulis buku interaksi dan motivasi belajar sehingga dapat mengurangi indikasi lemahnya motivasi belajar siswa; dan (4) panduan media ular tangga motivasi sebagai salah satu media developmental yang berorientasi pada bidang pribadi-sosial-belajar-karir serta relevan dari sudut skema pelaksanaan pelatihan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Media Ular Tangg, Peserta didik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:34
Last Modified: 07 Apr 2022 02:34
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Zumrudiana, Ainu
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item
View Item