EFEKTIVITAS TEKNIK SHAPING DENGAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMA NEGERI 1 BAURENO

MAMLU'ATUZZAHRO (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK SHAPING DENGAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMA NEGERI 1 BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of LAMIRAN.pdf] Text
LAMIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku membolos adalah perilaku membolos adalah suatu bentuk perbuatan yang dilakukan oleh siswa yang berwujud sebagai bentuk perilaku yang melanggar norma sekolah dalam bentuk perbuatan ketidakhadiran siswa dilingkup sekolah tanpa adanya izin atau alasan yang tepat. Perilau membolos memiliki enam (6) aspek perilaku membolos, yakni : 1) Berhari-hari tidak masuk sekolah, 2) Tidak masuk sekolah tanpa izin, 3) Sering keluar pada jam pelajaran tertentu, 4) Masuk sekolah berganti hari, 5) Mengajak teman-teman untuk keluar dari kelas pada jam pelajaran yang tidak disenangi, 6) Tidak masuk ke kelas setelah jam istirahat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeeri 1 Baureno dengan tujuan untuk mengetahui gambaran tingkat perilaku membolos siswa dan untuk mengetahui efektivitas teknik Shaping dengan konseling kelompok berbasis Cognitive behavior Therapy (CBT) untuk menurunkan perilaku membolos pada siswa SMA Negeri 1 Baureno. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan model true eksperiment design, Pengumpulan data menggunakan instrument perilaku membolos, observasi, dan wawancara, dengan menggunakan purposive sampling untuk memilih 14 sampel dari 172 responden yang akan diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik shaping. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji efektivitas, uji normalitas Shapirrow-Wilk, dan uji independent t test menggunakan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil uji independent t test diketahui nilai sig (2 tailed) sebelar 0,000 yang berarti < 0,05, Hasil tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperiment dan kelompok kontrol ketika menerapkan menggunakan teknik shaping untuk menurunkan perilaku membolos siswa. Dari hasil perolehan nilai pre-test kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 77% dan setelah diberikan treatment mendapatkan nilai post-test rata-rata 50%. Sedangkan untuk kelompok kontrol ketika pre-test mendapatkan nilai rata-rata 76% dan setelah pengujian mendapatkan nilai post-test nilai rata-rata 75%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi perbedaan antara nilai dari kelompok eksperiment setelah diberikan post-test relative berbeda. Dari hasil rata-rata tersebut mendapati bahwa teknik shaping efektif untuk menurunkan perilaku membolos siswa SMA Negeri 1 Baureno.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behavior Therapy, Teknik Shapping, Konseling Kelompok, Perilaku Membolos
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mamlu'atuz Zahro
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:45
Last Modified: 19 Aug 2024 04:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Setyoningsih, Yunita Dwi
NIDN0710068404
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item
View Item