IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 KEPOHBARU BOJONEGORO

AWWABI, MUHAMMAD HAIDAR MIFZAL (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama' Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di era digital yang berkembang pesat, Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai respon terhadap kebutuhan akan peningkatan potensi dan kemampuan guru. Platform Merdeka Mengajar (PMM) memberikan kebebasan kepada para pendidik untuk belajar dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan mereka di mana pun dan kapan pun. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan platfom merdeka mengajar dalam meningkatkan kualitas mengajar di SMA Negeri 1 Kepohbaru. 2) mengetahui hasil penggunaan platfom merdeka mengajar dalam meningkatkan kualitas mengajar di SMA Negeri 1 Kepohbaru.
Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenalogi. Kualitatif fenomenologi mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan platform merdeka mengajar oleh guru Pendidikan Agama Islam menunjukkan keikutsertaan sekolah dalam pengembangan kurikulum, khususnya pada kurikulum merdeka untuk mempermudah proses penyampaian materi dan meningkatkan kualitas mengajar. (2) Pengunaan Platform Merdeka Mengajar dapat meningkatkan kualitas mengajar oleh guru Pendidikan Agama Islam, peningkatan kualitas tersebut berupa pembelajaran di kelas yang lebih aktif, inovatif, dan tidak monoton. Selain itu, perangkat ajar yang digunakan menjadi lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Platform Merdeka Mengajar, Kurikulum Meredeka, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Haidar Mifzal Awwabi
Date Deposited: 15 Aug 2024 19:23
Last Modified: 16 Aug 2024 03:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Shofiyuddin, Ahmad
NIDN2115058905
Thesis advisor
Isroani, Farida
NIDN0710028903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5992

Actions (login required)

View Item
View Item