AWWABI, MUHAMMAD HAIDAR MIFZAL (2024) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR DI SMA NEGERI 1 KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama' Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (113kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (567kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (832kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (627kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (389kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di era digital yang berkembang pesat, Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai respon terhadap kebutuhan akan peningkatan potensi dan kemampuan guru. Platform Merdeka Mengajar (PMM) memberikan kebebasan kepada para pendidik untuk belajar dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan mereka di mana pun dan kapan pun. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan platfom merdeka mengajar dalam meningkatkan kualitas mengajar di SMA Negeri 1 Kepohbaru. 2) mengetahui hasil penggunaan platfom merdeka mengajar dalam meningkatkan kualitas mengajar di SMA Negeri 1 Kepohbaru.
Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kualitatif fenomenalogi. Kualitatif fenomenologi mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan platform merdeka mengajar oleh guru Pendidikan Agama Islam menunjukkan keikutsertaan sekolah dalam pengembangan kurikulum, khususnya pada kurikulum merdeka untuk mempermudah proses penyampaian materi dan meningkatkan kualitas mengajar. (2) Pengunaan Platform Merdeka Mengajar dapat meningkatkan kualitas mengajar oleh guru Pendidikan Agama Islam, peningkatan kualitas tersebut berupa pembelajaran di kelas yang lebih aktif, inovatif, dan tidak monoton. Selain itu, perangkat ajar yang digunakan menjadi lebih bervariatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Platform Merdeka Mengajar, Kurikulum Meredeka, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Haidar Mifzal Awwabi |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 19:23 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Shofiyuddin, Ahmad NIDN2115058905 Thesis advisor Isroani, Farida NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5992 |