PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN MODERAT (MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS KELAS VIII MTs NURUL MUSTHOFA PANDAN

NINGSIH, ANDITA DWI PUSPITA (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN MODERAT (MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS KELAS VIII MTs NURUL MUSTHOFA PANDAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode dalam pembelajaran tidak hanya memudahkan untuk pembelajaran saja tetapi, juga untuk membangun pemahaman belajar siswa, motivasi belajar, keceriaan dan juga kenyamanan untuk peserta didik. Ada berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru diantaranya metode tutor sebaya untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa khususnya Alquran hadis. Tutor sebaya dengan pendekatan modification of reciprocal teaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan dan mendorong peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan moderat (modification of reciprocal teaching ) pada mata pelajaran Alquran hadis kelas VIII MTs Nurul Musthofa Pandan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknis analisis data kualitatif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menujukan bahwa pemanfaatan metode metode pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan moderat (modification of reciprocal teaching) pada mata pelajaran Alquran hadis kelas VIII MTs Nurul Musthofa Pandan efektif. Hal ini dibuktikan dengan: (1) meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran; (2) meningkatkan motivasi belajar; (3) meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Tutor Sebaya, Pendekatan Moderat, Pemahaman
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andita Dwi Puspita Ningsih
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:22
Last Modified: 13 Aug 2024 02:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ANWAR, SAEFUL
NIDN2115118902
Thesis advisor
AZMI, AHMAD RIFQI
NIDN0717049205
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5889

Actions (login required)

View Item
View Item