NINGSIH, ANDITA DWI PUSPITA (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN PENDEKATAN MODERAT (MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIS KELAS VIII MTs NURUL MUSTHOFA PANDAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (462kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (602kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (668kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (941kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (471kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (484kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode dalam pembelajaran tidak hanya memudahkan untuk pembelajaran saja tetapi, juga untuk membangun pemahaman belajar siswa, motivasi belajar, keceriaan dan juga kenyamanan untuk peserta didik. Ada berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru diantaranya metode tutor sebaya untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa khususnya Alquran hadis. Tutor sebaya dengan pendekatan modification of reciprocal teaching merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan dan mendorong peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan moderat (modification of reciprocal teaching ) pada mata pelajaran Alquran hadis kelas VIII MTs Nurul Musthofa Pandan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknis analisis data kualitatif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menujukan bahwa pemanfaatan metode metode pembelajaran tutor sebaya dengan pendekatan moderat (modification of reciprocal teaching) pada mata pelajaran Alquran hadis kelas VIII MTs Nurul Musthofa Pandan efektif. Hal ini dibuktikan dengan: (1) meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran; (2) meningkatkan motivasi belajar; (3) meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Tutor Sebaya, Pendekatan Moderat, Pemahaman |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andita Dwi Puspita Ningsih |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:22 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANWAR, SAEFUL NIDN2115118902 Thesis advisor AZMI, AHMAD RIFQI NIDN0717049205 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5889 |