PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS X MA SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN

GHUFRON, A WAFIL (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS X MA SYI'AR ISLAM MAIBIT RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (892kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam memajukan sebuah bangsa. Maju mundurnya sebuah negara sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang ada dinegara itu. Salah satu faktor yang mempengaruhi majunya pendidikan adalah kualitas guru itu sendiri. Guru yang baik akan senantiasa memperhatikan kondisi dan kebutuhan dari siswa itu sendiri, baik dalam hal strategi pemberian materi maupun fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RND). Penelitian pengembangan merupakan sebuah penelitian yang digunakan untuk mengasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan yang peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini memiliki lima tahapan yaitu :analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (penilaian). Proses validasi komik dgitial dari ahli serta respon guru dan siswa, aspek kesesuaian materi memperoleh persentase 100% dengan kriteria sangat layak, serta penilaian pada aspek desain komik digital dengan rata-rata 89,7% dengan kriteria sangat layak dan valid, kemudian dengan aspek keterbacaan berdasarkan penilaian pada angket siswa dan guru diperoleh diperoleh dengan rata-rata 94%, serta pada aspek kepraktisan memperoleh rata-rata 88,2% dengan kriteria sangat layak dan valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan komik digital telah teruji kevalidan dan kepraktisan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media, Komik Digital, Pembelajaran SKI, Kelas X
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A WAFIL GHUFRON
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:13
Last Modified: 12 Aug 2024 06:13
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
UNSPECIFIED
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item
View Item