Safitri, Ana (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMP NEGERI 2 KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
SAMPUL.pdf
Download (115kB)
AWALAN.pdf
Download (791kB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II new.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Download (4MB)
BAB V.pdf
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB) | Request a copy
Abstract
Masa remaja adalah masa dimana banyak mengalami permasalahan, salah satunya adalah masalah self esteem yang rendah hal ini dapat mempengaruhi kegiatan sehari hari saat berada disekolah, hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah faktor keluarga. Self esteem merupakan penilaian terhadap diri sendiri yang mempunyai kepercayaan terhadap dirinya bahwa dia mampu dalam menghadapi masalah dalam kehidupanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk berupa buku panduan sebagai pedoman konselor dalam mengenalkan, melatihkan, dan mengembangkan sikap untuk menghargai diri sendiri dengan menggunakan teknik self instruction. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan sepuluh Langkah penelitian. Sepuluh Langkah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan yang ada menjadi : (1) penelitian awal, (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli, (5) revisi produk. Adapun teknik analisis data uji ahli dan uji calon pengguna produk menggunakan rumus percentage of agreemen yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa produk pengembangan termasuk dalam kriteria sangat berguna, sangat layak, sangat tepat, dan sangat patut. Sehingga produk telah layak digunakan oleh konselor sekolah untuk meningkatkan self esteem siswa. Saran pemanfaatan oleh konselor untuk memahami topik dan materi agar saat memberikan pelatihan bisa berjalan lancar dan efektif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan lebih lanjut dengan produk panduan yang telah dikembangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik self instruction, self esteem |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemologi > 126 Diri |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:58 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 03:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi UNSPECIFIED Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/585 |