EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI MA AL - ABROR SUKOSEWU

FITRIANINGSIH, SINDI (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI MA AL - ABROR SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan karir merupakan sebuah metode yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memilih jalur karir yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga mereka dapat berhasil dalam bidang pekerjaan yang mereka pilih. Pentingnya perencanaan karir adalah agar siswa dapat mempersiapkan diri sebelum benar-benar terlibat dalam dunia kerja. Dalam perencanaan karir, fokus diberikan pada potensi yang dimiliki siswa untuk memastikan bahwa pilihan karir mereka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga tidak terjadi ketidaksesuaian antara karir yang dipilih dan potensi yang dimiliki siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari perencanaan karir siswa di MA Al-Abror Sukosewu serta pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan simulasi untuk meningkatkan perencanaan karir siswa. Perencanaan karir sejak dini sangatlah penting bagi individu untuk mencapai kesuksesan dimasa depan. Dalam merencanakan karir terdapat beberapa kendala seperti, rendahnya pemahaman mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, keterbatasan mengenai informasi karir, pengaruh dari orang tua dan teman sebaya, serta keraguan dalam menentukan jalur karir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design, pada penelitian ini melibatkan 9 responden sebagai kelompok eksperimen, pemberian treatment dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan durasi waktu 90 menit. Didapatkan hasil dari penelitian ini secara keseluruhan, yaitu skor perencanaan karir mengalami peningkatan yang awalnya rata – rata 139,2 (kriteria rendah) setelah diberikan layanan menjadi rata – rata 188 (dengan kriteria tinggi). Hasil tersebut dikuatkan dengan hasil uji independent sample t-test dengan hasil nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05, menandakan terdapat perbedaan signifikan tingkat perencanaan karir sebelum dan sesudah diberikan treatment, yang artinya pemberian layanan bimbingan kelompok melalui teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa di MA Al – Abror Sukosewu.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Perencanaan Karir
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SINDI FITRIANINGSIH
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:01
Last Modified: 12 Aug 2024 06:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SRIANTURI, YANUARI
NIDN0717019401
Thesis advisor
DISTIRA, RISKI PUTRA AYU
NIDN0702019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5821

Actions (login required)

View Item
View Item