FITRIANINGSIH, SINDI (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI MA AL - ABROR SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (43kB)
Awalan.pdf
Download (11MB)
BAB I.pdf
Download (379kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (638kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (737kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (236kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (364kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB) | Request a copy
Abstract
Perencanaan karir merupakan sebuah metode yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memilih jalur karir yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga mereka dapat berhasil dalam bidang pekerjaan yang mereka pilih. Pentingnya perencanaan karir adalah agar siswa dapat mempersiapkan diri sebelum benar-benar terlibat dalam dunia kerja. Dalam perencanaan karir, fokus diberikan pada potensi yang dimiliki siswa untuk memastikan bahwa pilihan karir mereka sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga tidak terjadi ketidaksesuaian antara karir yang dipilih dan potensi yang dimiliki siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari perencanaan karir siswa di MA Al-Abror Sukosewu serta pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan simulasi untuk meningkatkan perencanaan karir siswa. Perencanaan karir sejak dini sangatlah penting bagi individu untuk mencapai kesuksesan dimasa depan. Dalam merencanakan karir terdapat beberapa kendala seperti, rendahnya pemahaman mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, keterbatasan mengenai informasi karir, pengaruh dari orang tua dan teman sebaya, serta keraguan dalam menentukan jalur karir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design, pada penelitian ini melibatkan 9 responden sebagai kelompok eksperimen, pemberian treatment dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan durasi waktu 90 menit. Didapatkan hasil dari penelitian ini secara keseluruhan, yaitu skor perencanaan karir mengalami peningkatan yang awalnya rata – rata 139,2 (kriteria rendah) setelah diberikan layanan menjadi rata – rata 188 (dengan kriteria tinggi). Hasil tersebut dikuatkan dengan hasil uji independent sample t-test dengan hasil nilai sig (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05, menandakan terdapat perbedaan signifikan tingkat perencanaan karir sebelum dan sesudah diberikan treatment, yang artinya pemberian layanan bimbingan kelompok melalui teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa di MA Al – Abror Sukosewu.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Permainan Simulasi, Perencanaan Karir |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | SINDI FITRIANINGSIH |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:01 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SRIANTURI, YANUARI NIDN0717019401 Thesis advisor DISTIRA, RISKI PUTRA AYU NIDN0702019301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5821 |