Maulidya, Isma (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EXAMBRO PADA ASESMEN SUMATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTsN 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (377kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (587kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (995kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (366kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (407kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Asesmen sumatif yang dilaksanakan di MTsN 1 Bojonegoro masih dilaksanakan secara konvensional atau tertulis. Guru di MTsN 1 Bojonegoro mencoba untuk melaksanakan asesmen sumatif berbantu aplikasi exambro melalui handphone masing-masing siswa. Namun, guru di MTsN 1 Bojonegoro belum mengetahui apakah aplikasi ini memiliki pengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. oleh karena itu, peneliti hadir untuk membantu guru mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi exambro pada asesmen sumatif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII pada mata Pelajaran fikih materi sholat jamak dan qashar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis Quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi exambro untuk mengukur kemampuan kognitif siswa kelas VII melalui asesmen sumatif pada materi sholat jamak dan qashar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi exambro terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII di MTsN 1 Bojonegoro pada mata Pelajaran fikih materi sholat jamak dan qashar. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan. Uji reliabilitas untuk mengetahui apakah instrumen penelitian yang digunakan reliabel, uji prasayarat meliputi uji normalitas dan homogenitas juga uji hipotesis dengan uji T-test untuk mengetahui pengaruh aplikasi exambro terhadap kemampuan kognitif yang dilihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) aplikasi exambro dapat digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa kelas VII pada asesmen sumatif pada mata Pelajaran fikih materi sholat jamak dan qashar (2) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi exambro pada asesmen sumatif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VII pada mata Pelajaran fikih materi sholat jamak dan qashar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji T menggunakan SPSS versi 25 bahwa -r hitung (-5.513) < -r tabel (-1.669) dan nilai sig (0,000) < 0,05
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi exambro, asesmen sumatif, kemampuan kognitif siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Isma Maulidya |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:18 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028601 Thesis advisor NISA, IDA FAUZIATUN NIDN2124129001 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5794 |