SITI, MUTMAINAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI MAWARIS DI KELAS XI MA MANBA’UL ULUM KLEPEK SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (108kB)
AWALAN.pdf
Download (627kB)
BAB I .pdf
Download (404kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (700kB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (626kB) | Request a copy
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (68kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (179kB)
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini dilakukan di bulan Mei sampai Juni 2024 di MA Manba’ul Ulum Klepek Sukosewu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Terdapat 30 peserta didik kelas XI IPS yang dipilih untuk menjadi sampel dalam penelitian yang terbagi dalam 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 12 soal esay. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis mengunakan uji parsial pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung > t table = ( 2.143) < (1.70113) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SOLE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Selain itu, dari hasil postest pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 2598 (kategori tinggi) lebih besar dari model pembelajaran konvesional yang mendapatkan nilai 1976 (kategori rendah).
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE), Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Mawaris |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Mutmainah |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:11 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED Thesis advisor Anwar, Saeful UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5790 |