PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI MAWARIS DI KELAS XI MA MANBA’UL ULUM KLEPEK SUKOSEWU

SITI, MUTMAINAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI MAWARIS DI KELAS XI MA MANBA’UL ULUM KLEPEK SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (404kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Lampiran .pdf] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini dilakukan di bulan Mei sampai Juni 2024 di MA Manba’ul Ulum Klepek Sukosewu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi experiment. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Terdapat 30 peserta didik kelas XI IPS yang dipilih untuk menjadi sampel dalam penelitian yang terbagi dalam 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 12 soal esay. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis mengunakan uji parsial pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung > t table = ( 2.143) < (1.70113) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SOLE berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Selain itu, dari hasil postest pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 2598 (kategori tinggi) lebih besar dari model pembelajaran konvesional yang mendapatkan nilai 1976 (kategori rendah).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE), Kemampuan Pemecahan Masalah, Materi Mawaris
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Mutmainah
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:11
Last Modified: 12 Aug 2024 02:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item
View Item