PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI EDUCAPLAY PADA PELAJARAN IPAS KELAS 4 MI 2 DRAJAT BAURENO

ANGGRAINI, RAHIL PUTRI (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI EDUCAPLAY PADA PELAJARAN IPAS KELAS 4 MI 2 DRAJAT BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdhatul Ulama’ Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (411kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Alat evaluasi HOTS dalam penelitian didasarkan pada permasalahan dalam tahap analisis kebutuhan atau tahap define yang telah dilakukan yang mendapatkan hasil bahwa terdapat permasalahan kurangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada peserta didik di MI 2 Drajat Baureno. Alat evaluasi yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran biasanya hanya menggunakan Alat evaluasi konvensional dengan alat tes menggunakan kertas yang dibuat dengan berpatok pada buku paket dengan tipe LOW sehingga kurang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tinggi pada peserta didik.
Penelitian ini dilakukan dengan memiliki 2 tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang telah ditemukan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan alat evaluasi HOTS menggunakan aplikasi Educaplay pada materi Gaya di Sekitar Mata pelajaran IPAS dengan valid dan reliabel serta untuk mengetahui hasil dari pengembangan alat evaluasi HOTS menggunakan aplikasi educaplay terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Reseacrh and Development (RnD) Tipe 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Tahap Define, Tahap Design, Tahap Develop, dan Tahap Disseminate. Akan tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan dan tidak memakai tahap penyebaran (Disseminate) karena pada tahap pengembangan (Develop) tujuan penelitian ini telah tercapai. Analisis yang dilakukan yaitu analisis lembar validasi ahli, analisis butir soal, dan uji reliabilitas. Validasi dalam penelitian ini dilakukan oleh 3 validator ahli yaitu Validator ahli media/tampilan, validator ahli instrumen, dan validator ahli bahasa. Dalam penelitian ini jenis tes yang dikembangkan oleh peneliti berupa instrumen Alat Evaluasi Hots dengan janis soal Pilihan ganda dan Soal Penjodohan
Hasil dari penelitian pengembangan instrumen alat evaluasi HOTS menggunakan aplikasi educaplay ini yaitu dapat menciptakan alat evaluasi dalam bentuk digital yang lebih interaktif dan efektif sehingga peserta didik tidak bosan dengan kegiatan pembelajaran. Instrumen alat evaluasi yang dikembangkan telah tervalidasi layak oleh validator ahli, hal ini ditunjukan dengan presentase hasil validasi oleh validator ahli media/tampilan sebesar 95%, presentase hasil validasi oleh validator ahli instrumen sebesar 90%, dan presentase hasil validasi oleh validator ahli bahasa sebesar 93.8%, yang dari ketiga validasi tersebut termasuk kedalam kategori Sangat Baik atau Layak digunakan tanpa revisi. Kemudian pada analisis butir soal mendapatkan kategori sedang dan sukar pada 2 jenis soal yaitu soal pilihan ganda dan penjodohan yang dibuktikan dengan banyaknya jawaban peserta didik yang salah dalam menjawab dan perhitungan nilai kesukaran dengan nilai pada rentang 0,16 -0.70.
Kata Kunci :Alat Evaluasi HOTS, Aplikasi Educaplay, Gaya di sekitar

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat Evaluasi HOTS, Aplikasi Educaplay, Gaya di sekitar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahil Putri Anggraini
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:29
Last Modified: 12 Aug 2024 08:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SUTTRISNO
NIDN0717069401
Thesis advisor
YULIA, NURUL MAHRUZAH
NIDN0722079501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5780

Actions (login required)

View Item
View Item