IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (PPRA) TEMA KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS VII DI MTs ROUDLOH SEMAMBUNG KANOR BOJONEGORO

KAMALA, ELMA (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (PPRA) TEMA KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS VII DI MTs ROUDLOH SEMAMBUNG KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah sarana untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan warisan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perkembangan pendidikan dari waktu ke waktu pasti mengalami perubahan yang pesat. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mencapai hasil pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Kurikulum berperan sebagai instrumen penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merdeka adalah program baru yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan menciptakan kurikulum yang lebih mandiri dan kontekstual untuk siswa di seluruh Indonesia. Dalam konteks ini, pembelajaran projek digunakan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila, meningkatkan minat belajar siswa dan mengembangkan kompetensi serta karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga langkah yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan beberapa tahapan dalam mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di MTs Roudloh Semambung. Tahapan tersebut meliputi. Tahap perencanaan meliputi membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan madrasah, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek. Tahap pelaksanaan yaitu pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut. Dan tahap evaluasi yaitu penilaian berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas pelaksanaan P5-PPRA. Adapun faktor pendukungnya meliputi semangat dan antusiasme peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai serta dukungan dari lingkungan sekolah. Namun, terdapat juga faktor penghambat seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap kurikulum baru dan perbedaan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila (P5), Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA), Kearifan Lokal
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elma Kamala
Date Deposited: 10 Aug 2024 04:10
Last Modified: 10 Aug 2024 04:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NISA', IDA FAUZIATUN
NIDN2124129001
Thesis advisor
ROIN, USMAN
NIDN0772808204
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item
View Item