IMPLEMENTASI JOYFUL LEARNING BERBANTU CANVA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 4 BOJONEGORO

KHOFIFAH, MAMLU'ATIN (2024) IMPLEMENTASI JOYFUL LEARNING BERBANTU CANVA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMA NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang disengaja dan direncanakan untuk menciptakan lingkungan belajar dan proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi mereka, termasuk kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan ketrampilan yang diperlukan baik untuk diri mereka sendiri maupun orang lain. Agar mencapai tujuan pembelajaran yang optimal, seorang pendidik perlu menggunakan strategi pembelajaran yang efektif.. Joyful learning adalah stategi yang digunakan oleh pendidik untuk memotivasi peserta didik agar terlibat aktif dalam proses belajar dan memahami nilai-nilai yang menyenangkan. Aplikasi Canva dipilih untuk mendukung pengalaman belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari guru PAI dan Budi Pekerti serta siswa kelas X, data sekunder diperoleh dari kepala sekolah. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan pada pelaksanaan strategi Joyful learning berbantu Canva meliputi tiga langkah yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Keaktifan belajar menggunakan strategi joyful learning terlihat dari sikap dan perilaku selama proses belajar di kelas peserta didik turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Adapun faktor pendukung pada implementasi joyful learning berbantu Canva yaitu: Peserta didik sangat antusias pada pembelajaran, Visual yang menarik dan templat yang bisa digunakan, Ketersediaan Teknologi dan Fasilitas, Dukungan dan Bimbingan dari Guru. Adapun faktor penghambat pada implementasi joyful learning berbantu Canva yaitu: Penguasaan materi peserta didik masih kurang saat melakukan presentasi, Diperlukan jaringan dan ruang penyimpanan yang besar untuk masuk ke aplikasi Canva, dan Ketepatan waktu untuk mengedit mengakibatkan kreativitas peserta didik terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: joyful learning, Canva, Keaktifan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mamlu'atin Khofifah
Date Deposited: 08 Aug 2024 03:50
Last Modified: 08 Aug 2024 03:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
HABIBULLAH, M. ROMADLON
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item
View Item