AL-KHOIRIYAH, NI'MATUL HIDAYAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs TARBIYATUT THULLAB TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (221kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (522kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (878kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Metode Quick on the Draw merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam sebuah proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi tentang keaktifan dalam proses belajar mengajar di sekolah adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan kurangnya minat dan motivasi belajar, minim pengetahuan, metode pembelajaran yang tidak tepat, kurang memahami materi, dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi pada peserta didik kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban yang masih banyak mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide ataupun pendapat dari informasi yang diketahuinya, kurang percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban, untuk mengetahui persepsi siswa dan siswi terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data peneliti ini berasal dari data primer dan data skunder, Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak kelas VIII MTs Tarbiyatut Thullab Tuban. Sumber data yang digunakan meliputi kepala sekolah, guru Akidah Akhlak kelas VIII, dan siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs tarbiyatut thullab Tuban telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan Langkah-langkah metode Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak sudah mencapai indikator membentuk keaktifan dan dapat dikatakan metode tersebut berhasil menarik peserta didik dan membuat suasana pembelajaran menjadi nyaman. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif terhadap Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs tarbiyatut thullab Tuban. Mereka menyatakan bahwa model ini memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterlibatan dalam diskusi kelompok, dan memperkuat kolaborasi antara siswa. Namun beberapa siswa juga mengalami kendala dalam mengatasi perbedaan individu dalam kemampuan dan kecepatan belajar. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk keaktifan belajar siswa, tetapi perlu adanya dukungan dan penyesuaian agar cocok dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Quick on the Draw, Keaktifan Belajar, dan Pembelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Quick on the Draw, Keaktifan Belajar, dan Pembelajaran Akidah Akhlak. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NI'MATUL HIDAYAH AL-KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 02:15 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 02:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 Thesis advisor FAUZIAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5715 |