IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs TARBIYATUT THULLAB TUBAN

AL-KHOIRIYAH, NI'MATUL HIDAYAH (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM MEMBENTUK KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs TARBIYATUT THULLAB TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode Quick on the Draw merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk aktif dalam sebuah proses pembelajaran. Permasalahan yang sering terjadi tentang keaktifan dalam proses belajar mengajar di sekolah adalah kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan kurangnya minat dan motivasi belajar, minim pengetahuan, metode pembelajaran yang tidak tepat, kurang memahami materi, dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi pada peserta didik kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban yang masih banyak mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide ataupun pendapat dari informasi yang diketahuinya, kurang percaya diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban, untuk mengetahui persepsi siswa dan siswi terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data peneliti ini berasal dari data primer dan data skunder, Subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak kelas VIII MTs Tarbiyatut Thullab Tuban. Sumber data yang digunakan meliputi kepala sekolah, guru Akidah Akhlak kelas VIII, dan siswa kelas VIII di MTs Tarbiyatut Thullab Tuban. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs tarbiyatut thullab Tuban telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan Langkah-langkah metode Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak sudah mencapai indikator membentuk keaktifan dan dapat dikatakan metode tersebut berhasil menarik peserta didik dan membuat suasana pembelajaran menjadi nyaman. 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif terhadap Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dalam membentuk keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs tarbiyatut thullab Tuban. Mereka menyatakan bahwa model ini memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterlibatan dalam diskusi kelompok, dan memperkuat kolaborasi antara siswa. Namun beberapa siswa juga mengalami kendala dalam mengatasi perbedaan individu dalam kemampuan dan kecepatan belajar. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Quick on the Draw dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk keaktifan belajar siswa, tetapi perlu adanya dukungan dan penyesuaian agar cocok dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Quick on the Draw, Keaktifan Belajar, dan Pembelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quick on the Draw, Keaktifan Belajar, dan Pembelajaran Akidah Akhlak.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NI'MATUL HIDAYAH AL-KHOIRIYAH
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:15
Last Modified: 09 Aug 2024 02:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MAMLU'AH, AYA
NIDN2126079004
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5715

Actions (login required)

View Item
View Item