ROFI'AH, LAILATUR (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUESTION-OBSERVE-EXPLAIN DILENGKAPI SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MATERI MENUNDUKKAN NAFSU SYAHWAT DAN GHADLAB KELAS X MA TARBIYATUL ISLAM. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (312kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (488kB) | Request a copy
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (450kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (261kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (388kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Akidah Akhlak materi menundukkan nafsu syahwat dan ghadlab menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook Maker. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas dan kepraktisan dari pengembangan bahan ajar E Modul Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA tarbiyatul Islam Soko-Tuban. Analisis data dalam penelitian terdiri dari deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket validasi. Penelitian E-Modul di validasi oleh 4 validator. Data validasi dan kepraktisan dianalisis dengan cara menentukan rata-rata dari setiap penilaian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa E-Modul Akidah Akhlak menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook Maker. (2) Hasil penelitian dan pengembangan ini memenuhi kriteria sangat valid dengan kelayakan kesesuaian isi materi diperoleh hasil persentase sebesar 84,4%, penilaian pada aspek desain tampilan E-Modul memperoleh persentase 94%, dan pada aspek keterbacaan diperoleh rata-rataِpersentaseِ90,6%ِdenganِkategoriِ“sangatِvalid”.ِ (3) Hasil uji kepraktisan diperoleh hasil 95,3% dengan tingkat kepraktisan E-Modul menunjukkan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul Akidah Akhlak menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook Maker pada materi menundukkan nafsu syahwat dan ghadlab Fase-E Madrasah Aliyah teruji kevalidan dan kepraktisannya untuk sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menundukkan Nafsu Syahwat dan Ghadlab, E-Modul, Akidah Akhlak, Canva, Heyzine, Flipbook Maker, Pengembangan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAILATUR ROFI'AH |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANISAH, GIATI NIDN2104079104 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5704 |