PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUESTION-OBSERVE-EXPLAIN DILENGKAPI SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MATERI MENUNDUKKAN NAFSU SYAHWAT DAN GHADLAB KELAS X MA TARBIYATUL ISLAM

ROFI'AH, LAILATUR (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QUESTION-OBSERVE-EXPLAIN DILENGKAPI SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MATERI MENUNDUKKAN NAFSU SYAHWAT DAN GHADLAB KELAS X MA TARBIYATUL ISLAM. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Akidah Akhlak materi menundukkan nafsu syahwat dan ghadlab menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook Maker. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas dan kepraktisan dari pengembangan bahan ajar E Modul Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA tarbiyatul Islam Soko-Tuban. Analisis data dalam penelitian terdiri dari deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket validasi. Penelitian E-Modul di validasi oleh 4 validator. Data validasi dan kepraktisan dianalisis dengan cara menentukan rata-rata dari setiap penilaian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa E-Modul Akidah Akhlak menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook Maker. (2) Hasil penelitian dan pengembangan ini memenuhi kriteria sangat valid dengan kelayakan kesesuaian isi materi diperoleh hasil persentase sebesar 84,4%, penilaian pada aspek desain tampilan E-Modul memperoleh persentase 94%, dan pada aspek keterbacaan diperoleh rata-rataِpersentaseِ90,6%ِdenganِkategoriِ“sangatِvalid”.ِ (3) Hasil uji kepraktisan diperoleh hasil 95,3% dengan tingkat kepraktisan E-Modul menunjukkan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul Akidah Akhlak menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook Maker pada materi menundukkan nafsu syahwat dan ghadlab Fase-E Madrasah Aliyah teruji kevalidan dan kepraktisannya untuk sumber belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Menundukkan Nafsu Syahwat dan Ghadlab, E-Modul, Akidah Akhlak, Canva, Heyzine, Flipbook Maker, Pengembangan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUR ROFI'AH
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:00
Last Modified: 07 Aug 2024 07:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
Thesis advisor
SHOLAHUDDIN, AGUS MOH
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item
View Item