SHOLIKAH, DWI PUTRI KARUNIATUL (2024) PENGEMBANGAN QUIZIZZ SEBAGAI INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA NURUL HUDA SEMBUNG PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (439kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (516kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (407kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (377kB)
Lampiran..pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan quizizz sebagai instrumen asesmen formatitf pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X MA Nurul Huda Sembung Parengan Tuban dan untuk mengetahui kelayakan quizizz sebagai instrumen asesmen formatitf pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X MA Nurul Huda Sembung Parengan Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Develophment (R&D) dengan model ADDIE meliputi Analysis, Design, develophment, implementation dan Evaluation. Data pada penelitian pengembangan ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penilaian dalam quizizz sebagai instrumen asesmen formatif meliputi validasi ahli media, validasi ahli asesmen, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan respon guru terkait quizizz sebagai instrumen asesmen formatif.
Hasil dari penelitian pengembangan quizizz sebagai instrumen asesmen formatif yaitu pertama tahap Analysis merupakan langkah-langkah yang diambil peneliti dalam mengembangkan media asesmen, termasuk analisis peserta didik dan guru, analisis lingkungan kelas, analisis sumberdaya penunjang dan kegiatan pembelajaran. Kedua Tahap Design merupakan tahapan perancangan meliputi perancangan Quizizz Sebagai Instrumen Asesmen Formatif seperti perancangan tampilan dan peracangan materi sesuai kebutuhan. Ketiga Tahap Development (Pengembangan), tahap pembuatan Quizizz Sebagai Instrumen Asesmen Formatif, konsultasi terkait media kepada dosen pembimbing kemudian langkah selanjutnya adalah validasi kepada ahli asesmen dan ahli media untuk mendapatkan penilaian media asesmen yang dikembangkan serta saran untuk dilakukan perbaikan atas pengembangan media asesmen. Keempat Tahap Implementation merupakan tahapan uji coba media kepada peserta didik. Kelima Tahap Evaluation merupakan tahap pemberian saran dan nilai terhadap media asesmen, agar media layak untuk digunakan. Kelayakan dari penelitian penggembangan ini meliputi validasi ahli media memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat layak, validasi ahli asesmen 82% dengan kategori sangat layak, respon guru SKI memperoleh nilai 92% kategori sangat layak dan uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 89,6% kategori layak. Uji coba kelompok besar memperoleh nilai 87,6% dengan kategori sangat layak, maka dinyatakan produk quizizz sebagai instrumen asesmen formatif sangat layak untuk digunakan dalam proses asesmen pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quizizz, asesmen formatif, sejarah kebudayaan islam, |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dwi Putri Karuniatul Sholikah |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 06:32 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 06:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Nisa', Ida Fauziatun NIDN2124129001 Thesis advisor Roin, Usman NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5702 |