PENGEMBANGAN QUIZIZZ SEBAGAI INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA NURUL HUDA SEMBUNG PARENGAN TUBAN

SHOLIKAH, DWI PUTRI KARUNIATUL (2024) PENGEMBANGAN QUIZIZZ SEBAGAI INSTRUMEN ASESMEN FORMATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA NURUL HUDA SEMBUNG PARENGAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of Lampiran..pdf] Text
Lampiran..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan quizizz sebagai instrumen asesmen formatitf pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X MA Nurul Huda Sembung Parengan Tuban dan untuk mengetahui kelayakan quizizz sebagai instrumen asesmen formatitf pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas X MA Nurul Huda Sembung Parengan Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Develophment (R&D) dengan model ADDIE meliputi Analysis, Design, develophment, implementation dan Evaluation. Data pada penelitian pengembangan ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penilaian dalam quizizz sebagai instrumen asesmen formatif meliputi validasi ahli media, validasi ahli asesmen, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan respon guru terkait quizizz sebagai instrumen asesmen formatif.
Hasil dari penelitian pengembangan quizizz sebagai instrumen asesmen formatif yaitu pertama tahap Analysis merupakan langkah-langkah yang diambil peneliti dalam mengembangkan media asesmen, termasuk analisis peserta didik dan guru, analisis lingkungan kelas, analisis sumberdaya penunjang dan kegiatan pembelajaran. Kedua Tahap Design merupakan tahapan perancangan meliputi perancangan Quizizz Sebagai Instrumen Asesmen Formatif seperti perancangan tampilan dan peracangan materi sesuai kebutuhan. Ketiga Tahap Development (Pengembangan), tahap pembuatan Quizizz Sebagai Instrumen Asesmen Formatif, konsultasi terkait media kepada dosen pembimbing kemudian langkah selanjutnya adalah validasi kepada ahli asesmen dan ahli media untuk mendapatkan penilaian media asesmen yang dikembangkan serta saran untuk dilakukan perbaikan atas pengembangan media asesmen. Keempat Tahap Implementation merupakan tahapan uji coba media kepada peserta didik. Kelima Tahap Evaluation merupakan tahap pemberian saran dan nilai terhadap media asesmen, agar media layak untuk digunakan. Kelayakan dari penelitian penggembangan ini meliputi validasi ahli media memperoleh nilai 94% dengan kategori sangat layak, validasi ahli asesmen 82% dengan kategori sangat layak, respon guru SKI memperoleh nilai 92% kategori sangat layak dan uji coba kelompok kecil memperoleh nilai 89,6% kategori layak. Uji coba kelompok besar memperoleh nilai 87,6% dengan kategori sangat layak, maka dinyatakan produk quizizz sebagai instrumen asesmen formatif sangat layak untuk digunakan dalam proses asesmen pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: quizizz, asesmen formatif, sejarah kebudayaan islam,
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Putri Karuniatul Sholikah
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:32
Last Modified: 07 Aug 2024 06:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Nisa', Ida Fauziatun
NIDN2124129001
Thesis advisor
Roin, Usman
NIDN0728088204
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5702

Actions (login required)

View Item
View Item