PENGARUH KOMBINASI GOOGLE SITE DAN TEKNIK ECOLA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS AL-YAKIN PUNGPUNGAN

ARIANTI, SALSA (2024) PENGARUH KOMBINASI GOOGLE SITE DAN TEKNIK ECOLA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTS AL-YAKIN PUNGPUNGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan Skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui dari dua variabel apakah ada pengaruh yang signifikan antara kombinasi google site dan teknik membaca ECOLA terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif, dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Dengan teknik pengambilan non-probability sampling atau sampel jenuh yang menjadikan sampel sebagai populasi, pada peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data berupa tes pretest dan posttest, wawancara, angket, dan dokumentasi. Dengan dibuktikan hasil analisis, maka penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat dengan tiga pengujian yakni uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, nilai pretest dan postest dengan analisis deskriptif, angket pengguna kombinasi google site dan teknik membaca ECOLA, dan yang terakhir menggunakan uji hipotesis.
Dari Hasil pengujian tes dikatakan valid, reliabel, terdistribusi normal, linier, dan homogen dengan nilai signifikan > dari 0,05. Dari pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana yang apabila hasil signifikan < dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan. Penelitian ini mendapati hasil signifikan 0,000 dan 0,007 yang artinya nilai tersebut < dari 0,05, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kombinasi google site dan Teknik membaca ECOLA terhadapt pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Terdapat nilai R Squere dari regresi linier sederhana, untuk memperkuat adanya pengaruh hipotesis dengan niai sebesar 0,884 dikategorikan bersifat sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ha diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan antara google site dan Teknik membaca ECOLA terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Extending Concept Through Language Activities (ECOLA), Google Site
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salsa Arianti
Date Deposited: 07 Aug 2024 01:55
Last Modified: 07 Aug 2024 01:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
Thesis advisor
ROIN, USMAN
NIDN0728088204
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item
View Item