IMPLEMENTASI PEER TEACHING METHOD DALAM UPAYA MENANAMKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN

MUFID, ANNASIKHUL (2024) IMPLEMENTASI PEER TEACHING METHOD DALAM UPAYA MENANAMKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab secara deskriptif terkait Implementasi Peer Teaching Method dalam upaya Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa. Dan mendiskripsikan hasil dari pada Implementasi Peer Teaching Method dalam upaya Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa. Dalam proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar-mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar-mengajar yang dialami olehguru dan siswa. Mengajar bukan hanya sekedar menyalurkan pengetahuan guru ke murid melainkan untuk membantu murid membentuk pengetahuannya secara mandiri lewat kekuatan dirinya terhadap fenomena-fenomena dan objek yang ingin
diketahui. Faktor yang diduga menjadi salah satu penghambat keberhasilan belajar adalah kesadaran dalam kemandirian belajar siswa. Hal ini sama dengan keadaan siswa kelas XI MA ASSALAM yang lebih mementingkan hal yang kurang bermanfaat untuk dirinya dalam belajar. Metode tutor sebaya merupakan metode pembelajaran yang berbasis active learning yang mana dengan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa inilah yang diharapkan mampu menanamkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada proses Implementasi Peer Teaching Method dalam Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif serta data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Implementasi Peer Teaching Method dalam upaya Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu melalui tiga tahapan yang terdiri dari: 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan terdiri dari tiga fase yaitu: Fase Bimbingan, Fase Pengajaran, Fase Pertanggungjawaban, 3) Tahap evaluasi. Kedua hasil Implementasi Peer Teaching Method dalam Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa sebagai berikut: 1) Siswa Disipilin dalam Belajar, 2) Memotivasi Siswa untuk Belajar 3) Akan Tertanam Sikap Tanggungjawab, 4) Terbentuknya Percaya diri Siswa, 5) Siswa memiliki Inisiatif dalam Belajar. Dibuktikan dari hasil instrumen dimana menunjukan kategori sudah tertanam 65%, kategori mulai tertanam menunjukan 35%,, serta 0% untuk kategori belum tertanam.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Peer Teaching, Kemandirian Belajar
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annasikhul Mufid
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:59
Last Modified: 07 Aug 2024 07:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROHMAWATI, ULVA BADI'
NIDN2108088801
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5651

Actions (login required)

View Item
View Item