MUFID, ANNASIKHUL (2024) IMPLEMENTASI PEER TEACHING METHOD DALAM UPAYA MENANAMKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MADRASAH ALIYAH ASSALAM BANGILAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (282kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (450kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (262kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (395kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab secara deskriptif terkait Implementasi Peer Teaching Method dalam upaya Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa. Dan mendiskripsikan hasil dari pada Implementasi Peer Teaching Method dalam upaya Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa. Dalam proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar-mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar-mengajar yang dialami olehguru dan siswa. Mengajar bukan hanya sekedar menyalurkan pengetahuan guru ke murid melainkan untuk membantu murid membentuk pengetahuannya secara mandiri lewat kekuatan dirinya terhadap fenomena-fenomena dan objek yang ingin
diketahui. Faktor yang diduga menjadi salah satu penghambat keberhasilan belajar adalah kesadaran dalam kemandirian belajar siswa. Hal ini sama dengan keadaan siswa kelas XI MA ASSALAM yang lebih mementingkan hal yang kurang bermanfaat untuk dirinya dalam belajar. Metode tutor sebaya merupakan metode pembelajaran yang berbasis active learning yang mana dengan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa inilah yang diharapkan mampu menanamkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada proses Implementasi Peer Teaching Method dalam Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif serta data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama Implementasi Peer Teaching Method dalam upaya Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu melalui tiga tahapan yang terdiri dari: 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan terdiri dari tiga fase yaitu: Fase Bimbingan, Fase Pengajaran, Fase Pertanggungjawaban, 3) Tahap evaluasi. Kedua hasil Implementasi Peer Teaching Method dalam Menanamkan sikap Kemandirian Belajar Siswa sebagai berikut: 1) Siswa Disipilin dalam Belajar, 2) Memotivasi Siswa untuk Belajar 3) Akan Tertanam Sikap Tanggungjawab, 4) Terbentuknya Percaya diri Siswa, 5) Siswa memiliki Inisiatif dalam Belajar. Dibuktikan dari hasil instrumen dimana menunjukan kategori sudah tertanam 65%, kategori mulai tertanam menunjukan 35%,, serta 0% untuk kategori belum tertanam.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Peer Teaching, Kemandirian Belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Annasikhul Mufid |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:59 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROHMAWATI, ULVA BADI' NIDN2108088801 Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5651 |