ISPURWADI, SISKA MONICA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN SURVEI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDIFERENSIASI KONTEN PADA PESERTA DIDIK SMAN 1 KEPOHBARU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (104kB)
Awalan.pdf
Download (581kB)
BAB I.pdf
Download (350kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (237kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (307kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Inovasi pendidikan perlu dilakukan untuk memecahkan masalah dalam pendidikan. Inovasi harus dibuat dengan rincian yang jelas tentang sasaran dan hasil yang ingin dicapai sehingga dapat diukur dalam mengetahui perbedaan antara keadaan sebelum dan sesudah inovasi dilakukan. Hal ini juga dilakukan oleh SMAN 1 Kepohbaru Bojonegoro, bahwa guru selalu mengikuti arah kebijakan pendidikan sesuai perkembangan zaman untuk kreatif dalam memenuhi kebutuhan Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif, penelitian lapangan (fieldresearch). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk mengelompokkan semua data yang didapat dari penelitian yang berupa hasil wawancara, foto-foto kegiatan pembelajaran dan modul ajar. Penyajian data ini mendiskripsikan hasil dari reduksi data. Penarikan kesimpulan, kesimpulan dari data penelitian yang telah dikumpulkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Implementasi asesmen survei karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berdiferensiasi konten di SMAN 1 Kepohbaru Bojonegoro yaitu dilaksanakan penilaian dengan bapak ibu guru mengobservasi secara langsung karakter peserta didik melalui pembiasaan kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang sebelumnya untuk dilaksanakan peserta didik, 2) Karakter profil pelajar Pancasila ini sudah dapat dikatakan berkembang, peserta didik sudah terbiasa mengamalkan nilai-nilai pelajar Pancasila dalam kesehariannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Survei Karakter, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berdiferensiasi Konten |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siska Monica Ispurwadi |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:14 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:14 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN2125048401 Thesis advisor SILFIYAH, KHOIROTUS NIDN2119049201 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5593 |