YUSUF, M. SOFIYULLAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF APPI MATERI TOKOH DAN AJARAN TASAWUF KELAS XI DI MA MIFTAHUL ULUM SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (514kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (718kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (716kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (722kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (545kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (663kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Dalam era pendidikan yang semakin maju, penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran telah menjadi hal yang umum. Namun, nyatanya masih banyak pendidik yang menggunakan metode pengajaran konvensional tanpa memanfaatkan media pembelajaran interaktif, sehingga dapat membuat proses belajar menjadi monoton dan kurang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android bernama Aplikasi Pembelajaran PAI (APPI) materi tokoh dan ajaran tasawuf untuk siswa kelas XI di MA Miftahul Ulum Sitiaji.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan jenis model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan penggunaan angket validasi, yaitu ahli media dan ahli materi. Data validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung rata-rata dari masing-masing penilaian. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif APPI yang berkaitan dengan materi tokoh dan ajaran tasawuf untuk siswa kelas XI di MA Miftahul Ulum Sitiaji.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, menghasilkan media pembelajaran interaktif APPI materi tokoh dan ajaran tasawuf kelas XI, hasil validasi oleh ahli materi terhadap aspek kelayakan materi mencapai skor 92,8% (sangat layak), sedangkan validasi dari aspek desain oleh ahli media mendapat skor 90,6% (sangat layak). Dari sisi kepraktisan, yang di peroleh dari respon guru dan siswa memperoleh skor 84,4% (sangat layak), dan dari segi keterbacaan, skor yang didapat adalah 87,5% (sangat layak). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif APPI materi tokoh dan ajaran tasawuf sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, APPI, Media Interaktif, Tokoh Tasawuf |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. SOFIYULLAH YUSUF |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:44 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anisah, Giati NIDN2104079104 Thesis advisor Sholahuddin, Agus Moh NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5551 |