PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MARBEL HAJI DAN UMROH BERBASIS THUNKABLE UNTUK SISWA MTS UNGGULAN AL BAHROIN NGUKEN PADANGAN BOJONEGORO

Dzinnuha, Muhammad Faiz (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MARBEL HAJI DAN UMROH BERBASIS THUNKABLE UNTUK SISWA MTS UNGGULAN AL BAHROIN NGUKEN PADANGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan pendidikan dalam teknologi telah menarik perhatian banyak ilmuwan dalam teknologi pembelajaran untuk merumuskan definisi teknologi pendidikan. Namun guru belum menggunakan beragam media pembelajaran dan belum memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu alat pembelajaran modern. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan siswa untuk berkonsentrasi, kurangnya pemahaman terhadap materi, hasil belajar yang kurang optimal, dan penyampaian materi yang tidak efektif. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Thunkable bernama MARBEL materi haji dan umrah untuk siswa kelas VIII di MTs Unggulan Al Bahroin Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D model Borg and gall yang telah dimodifikasi menjadi 6 tahapan yaitu: Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, revisi produk dan penyempurnaan. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan penggunaan angket validasi, yaitu ahli media dan ahli materi. Data validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung rata-rata dari masing-masing penilaian. Objek penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran MARBEL yang berkaitan dengan materi haji dan umrah untuk siswa kelas VIII di MTs Unggulan Al Bahroin. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dalam proses validasi aplikasi pembelajaran MARBEL haji dan umrah kelas VIII dari ahli serta respon guru dan siswa Aspek kesesuaian materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 79,5% dengan kriteria “sangat valid”, serta penilaian aplikasi pembelajaran MARBEL pada aspek kebahasaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dan desain diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,4% dengan kriteria “sangat valid”. Selain itu, hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian pada angket respon siswa dan guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,4 % dengan kriteria “sangat valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran MARBEL materi haji dan umrah sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Fikih, Aplikasi Pembelajaran, MARBEL, Haji dan umrah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD FAIZ DZINNUHA
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:53
Last Modified: 01 Aug 2024 01:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anisah, Gianti
NIDN2104079104
Thesis advisor
Sholahuddin, Moh. Agus
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item
View Item