Dzinnuha, Muhammad Faiz (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MARBEL HAJI DAN UMROH BERBASIS THUNKABLE UNTUK SISWA MTS UNGGULAN AL BAHROIN NGUKEN PADANGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (487kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (576kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (919kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (479kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (478kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Kemajuan pendidikan dalam teknologi telah menarik perhatian banyak ilmuwan dalam teknologi pembelajaran untuk merumuskan definisi teknologi pendidikan. Namun guru belum menggunakan beragam media pembelajaran dan belum memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu alat pembelajaran modern. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan siswa untuk berkonsentrasi, kurangnya pemahaman terhadap materi, hasil belajar yang kurang optimal, dan penyampaian materi yang tidak efektif. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Thunkable bernama MARBEL materi haji dan umrah untuk siswa kelas VIII di MTs Unggulan Al Bahroin Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D model Borg and gall yang telah dimodifikasi menjadi 6 tahapan yaitu: Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, revisi produk dan penyempurnaan. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan penggunaan angket validasi, yaitu ahli media dan ahli materi. Data validasi dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung rata-rata dari masing-masing penilaian. Objek penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran MARBEL yang berkaitan dengan materi haji dan umrah untuk siswa kelas VIII di MTs Unggulan Al Bahroin. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dalam proses validasi aplikasi pembelajaran MARBEL haji dan umrah kelas VIII dari ahli serta respon guru dan siswa Aspek kesesuaian materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 79,5% dengan kriteria “sangat valid”, serta penilaian aplikasi pembelajaran MARBEL pada aspek kebahasaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 82% dan desain diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,4% dengan kriteria “sangat valid”. Selain itu, hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian pada angket respon siswa dan guru diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,4 % dengan kriteria “sangat valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran MARBEL materi haji dan umrah sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fikih, Aplikasi Pembelajaran, MARBEL, Haji dan umrah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD FAIZ DZINNUHA |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 01:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 01:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anisah, Gianti NIDN2104079104 Thesis advisor Sholahuddin, Moh. Agus NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5543 |