Lusiana, Elisa Yeni (2024) PENGARUH GAME EDUKASI BERBASIS GENIAL.LY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS MATERI AYO MENGENAL PANCASILA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH NGASEM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (321kB)
AWALAN.pdf
Download (988kB)
BAB I.pdf
Download (343kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (617kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (137kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (264kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pada zaman sekarang bernalar kritis sangat penting berperan dalam dunia sosial maupun bermasyarakat, Dalam pembelajaran Pendidikan pancasila siswa harus bisa mengenal dan menerapkan nilai-nilai pancasila, seperti, sopan santun, berperilaku bahasa yang baik dan saling menghormati sesama manusia. Agar minat serta prestasi siswa lebih meningkat. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan metode belajar yang menyenangkan, seperti memberikan Game edukasi berbasis Genial.ly untuk mengetahui kemampuan bernalar kritis yang akan mempengaruhi belajarnya. Pendidikan pancasila sangat berperan penting baik dalam kemasyarakatanPenelitian ini bertujuan, antara lain untuk mengetahui Pengaruh Game Edukasi Berbasis Genial.ly di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngasem Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif kuasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Obsevasi, Tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data dengan Independent sample t-test. Sampel penelitian adalah 15 siswa kelas III MI Islamiyah Ngasem sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa kelas III MI Islamiyah Ngasem sebagai kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji validitas terdapat 10 soal valid dengan nilai r hitung > r tabel dengan nilai 0,5140. Dilanjutkan Uji Normalitas menggunakan rumus Shapiro Wilk dengan hasil 0,296, dikatakan normal jika nilai Sig > 0,05 dan data semuanya dikatakan normal, Di uji homogen yang diperoleh hasil 0,423 nilai alpha > 0,05 maka data dikatan homogen. Dan yang terakhir ada uji hipotesis, dengan uji t sig < 0,05 dengan hasil 0,02 maka hipotesis tentang Game edukasi Genial.ly berpengaruh terhadap Kemampuan bernalar kritis siswa.
Penerapan Game edukasi Genial.ly terhadap kelompok eksperimen sebesar 77,7% dan hasil pengamatan siswa saat pembelajaran sebesar 72,2% dengan kategori sangat baik.Game edukasi berbasis Genial.ly berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji-t Independen sample t-test nilai Sig. (0,002 < 0,05). Kemampuan bernalar kritis siswa mengalami peningkatan dab berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bernalar Kritis, Game Edukasi Genial.ly |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Elisa Yeni Lusiana |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:00 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rofi’ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 Thesis advisor Fithriyah, Dewi Niswatul NIDN0721089502 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5517 |