SAMIRIN (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN SURAH LUQMAN AYAT 12-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 DAN SEKOLAH DASAR PLUS DARUL ULUM JOMBANG. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (77kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB 1.pdf
Download (719kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (632kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (621kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (472kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (456kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (843kB) | Request a copy
Abstract
Implementasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti penerapan, yang bertujuan untuk mencari hasil yang telah disepakati. Sedangkan Menurut Hanifah yang dikutip oleh Harsono mengatakan pendapatnya implementasi adalah suatu proses untuk melaksanakan kegiatan menjadi tindakan kebijakan kedalam administrasi. Pendidikan ramah anak merupakan Pendidikan yang memberikan kemerdekaan kepada anak didik dalam belajar. Sekolah ramah anak bukan berarti sekolah yang menumbuh kembangkan budaya bebas bukan pula sekolah yang membenarkan sepenuhnya konsep pendidikan kontemporer yang melarang penggunaan kata “jangan” dengan dalih menghambat kreatifitas anak didik. Dalam Al-Qur’an terdapat banyak kata yang bisa diintregasikan dengan kata pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan. Salah satunya terminologi alTarbiyah. Kata tarbiyah berasal dari kalimat rabba-yurabbi- tarbiyyantarbiyatan. Pandangan Ibrahim Anis berarti berkembang atau tumbuh seperti dalam surah Luqman ayat 12-19 tentang nasehat-nasehat lqman terhadap anaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif ini berupa kata-kata hasil wawancara, informasi catatan di lapangan berdasarkan observasi peneliti, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha untuk mendeskripsikan atau menggambarkan melalui kata-kata secara apa adanya tentang implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Perspektif Al-Quran Surah Luqman ayat 12-19 di MIN 3 dan SD Plus Darul Ulum Jombang yang mencakup Konsep, strategi, dan Implementasi Pendidikan Ramah Anak di MIN 3 dan SD Plus Darul Ulum Jombang. Hasil penelitian ini menyumbangkan teori nilai, implementasi dan strategi yang ada di surah Luqman yat 12-19 yakni: (1) Syukur kepada Allah (Ayat 12), (2)Hubungan dengan Orang Tua (Ayat 14), (3)Tauhidd dan Aqidah (Ayat 13), (4) Pentingnya Shalat (Ayat 17), (5) Menyeru pada yang Ma'ruf dan Mencegah yang Munkar (Ayat 17), (6) Kesabaran (Ayat 17), (7) Kesederhanaan dan Kerendahan Hati (Ayat 18), (8)Moderasi dalam Berperilaku (Ayat 19).
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Ramah Anak. Perspektfi Al-Quran Surah Luqman ayat 12-19. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Samirin Samirin |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:17 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:17 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor MANSUR, H. AHMAD NIDN2122037701 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/5425 |