Septyana, Riska Ayu (2021) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERBASIS POLYA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DRILL PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (110kB)
Awalan.pdf
Download (674kB)
BAB I.pdf
Download (149kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (83kB)
Daftar Pustaka (1).pdf
Download (138kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMP Negeri Sugihwaras yang masih rendah. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam matematika, tidak hanya bagi orang yang akan belajar atau mendalami matematika nantinya, tetapi juga bagi orang yang mengaplikasikannya pada bidang studi lain dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan penerapan metode pembelajaran Drill dan menggunak pemecahan masalah yang berbasis polya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah : Bagimanakah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah berbasis polya drngan menggunakan metode pembelajaran Drill pada materi garis dan sudut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Polya Menggunakan Metode Pembelajaran Drill pada materi garis dan sudut. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika. Sehingga memberikan pengaruh besar dalam pembelajaran matematika untuk melatih peserta didik untuk memahami masalah-masalah yang ada di dalam soal dan juga untuk meningkatkan ketelitian peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memusatkan pada kemampuan pemecahan masalah berbasis polya. Penelitian ini dilakukan SMP Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro pada kelas VII dengan jumlah peserta didik sebanyak 23. Sumber data dalam penelitian ini adalah tes tulis dan tes wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Terdapat peningkatan nilai yang signifikan dari sebelum dilakukannya perlakuan menggunakan metode pembelajaran Drill dengan setelah diberikan perlakuan menggunakan metode Drill. Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode Drilling pada materi garis dan sudut mengalami peningkatan, antara lain : siswa mampu memahami masalah dalam soal, siswa mampu merencanakan strategi pemecahan masalah dengan baik, siswa mampu menyelesaikan masalah dengan baik, dan siswa mampu menafsirkan solusinya/mengecek kembali sehingga siswa lebih teliti dan berhati-hati ketika menyelesaikan soal yang berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Polya, Drill, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 06:16 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 14:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kurniawati, Naning UNSPECIFIED Thesis advisor Ismanto, Ismanto UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/530 |