PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MALO

Susilo, Hintang (2021) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya empati siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo yang ditandai dengan perilaku seperti tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan, mengganggu temannya ketika proses belajar mengajar, tidak mengetahui penyebab temannya tidak masuk sekolah, hal ini berdasarkan hasil observasi, wawancara serta penyebaran angket skala empati sebagai pre-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy untuk meningkatkan empati siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui instrumen empati. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membandingkan nilai pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empati siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo sebelum diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy berada pada kategori rendah dengan presentase 60,36% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 91,08%, perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan rata-rata 30,72%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya bimbingan kelompok teknik cinematherapy efektif dalam meningkatkan empati terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Cinematherapy, Empati
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Apr 2022 03:54
Last Modified: 08 Apr 2022 14:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Zumrudiana, Ainu
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item
View Item