Susilo, Hintang (2021) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MALO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (120kB)
AWALAN.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (243kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (607kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya empati siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo yang ditandai dengan perilaku seperti tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan, mengganggu temannya ketika proses belajar mengajar, tidak mengetahui penyebab temannya tidak masuk sekolah, hal ini berdasarkan hasil observasi, wawancara serta penyebaran angket skala empati sebagai pre-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy untuk meningkatkan empati siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui instrumen empati. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membandingkan nilai pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empati siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo sebelum diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy berada pada kategori rendah dengan presentase 60,36% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 91,08%, perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan rata-rata 30,72%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya bimbingan kelompok teknik cinematherapy efektif dalam meningkatkan empati terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Cinematherapy, Empati |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 02 Apr 2022 03:54 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 14:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti UNSPECIFIED Thesis advisor Zumrudiana, Ainu UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/523 |