UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI KOMUNIKASI DAN INTERAKSI DI MTs MIFTAHUL HUDA TANGGIR

Kulub, Tanwirul (2021) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI KOMUNIKASI DAN INTERAKSI DI MTs MIFTAHUL HUDA TANGGIR. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (762kB)

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan harus mempunyai bekal, termasuk juga komunikasi antar pribadi yang baik, karena komunikasi antarpribadi yang baik dapat membantu keberhasilan pemimpin dalam menjalankan tugasnya sebagai penentu kebijakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi dan interaksi kepala Madrasah sehingga dapat meningkatkan profesionalitas guru di MTs Miftahul Huda Tanggir. Dengan Fokus Penelitian (1) Profesionalitas guru di MTs Miftahul Huda Tanggir Singgahan Tuban, (2) Upaya Kepala Madrasah dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Komunikasi Dan Interaksi Di Mts Miftahul Huda Tanggir Singgahan Tuban, (3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Peningkatkan Profesionalitas Guru Melalui Komunikasi Dan Interaksi Di MTs Miftahul Huda Tanggir Singgahan Tuban.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian Fenomenologi. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjang keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta kekuatan pengamatan informan penelitian yaitu Kepala Madrasah serta beberapa guru MTs Miftahul Huda.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berupa data deskriptif tentang gambaran atau keadaan yang terjadi di lapangan serta erat hubungannya dengan profesionalisme guru. Terdapat tiga temuan hasil studi penelitian, yaitu pertama tentang keteladanan, yang mana guru-guru di MTs Miftahul Huda Tanggir telah berperilaku maupun bersikap teladan sebagaimana guru-guru di madrasah. Kedua, kepala Madrasah telah melakukan pemberdayaan kompetensi yang dimiliki oleh guru dengan mengadakan pelatihan, diklat, sertifikasi serta KKG. Ketiga, yaitu ditemukan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatkan profesionalitas Guru melalui komunikasi dan interaksi di Mts Miftahul Huda Tanggir. Dengan demikian, diharapkan kepala Madrasah dapat menerapkan komunikasi dan interaksi guru dalam peningkatan profesionalitas guru.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, Komunikasi dan Interaksi, Peningkatan Profesionalitas Guru
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Choirotul Nikmah
Date Deposited: 21 Mar 2022 05:24
Last Modified: 24 Jun 2022 01:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item
View Item