Kulub, Tanwirul (2021) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI KOMUNIKASI DAN INTERAKSI DI MTs MIFTAHUL HUDA TANGGIR. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. COVER.pdf
Download (460kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (656kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (686kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (961kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (638kB) | Request a copy
8. BAB VI.pdf
Download (421kB)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (762kB)
Abstract
Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan harus mempunyai bekal, termasuk juga komunikasi antar pribadi yang baik, karena komunikasi antarpribadi yang baik dapat membantu keberhasilan pemimpin dalam menjalankan tugasnya sebagai penentu kebijakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi dan interaksi kepala Madrasah sehingga dapat meningkatkan profesionalitas guru di MTs Miftahul Huda Tanggir. Dengan Fokus Penelitian (1) Profesionalitas guru di MTs Miftahul Huda Tanggir Singgahan Tuban, (2) Upaya Kepala Madrasah dalam Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Komunikasi Dan Interaksi Di Mts Miftahul Huda Tanggir Singgahan Tuban, (3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Peningkatkan Profesionalitas Guru Melalui Komunikasi Dan Interaksi Di MTs Miftahul Huda Tanggir Singgahan Tuban.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian Fenomenologi. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjang keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta kekuatan pengamatan informan penelitian yaitu Kepala Madrasah serta beberapa guru MTs Miftahul Huda.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berupa data deskriptif tentang gambaran atau keadaan yang terjadi di lapangan serta erat hubungannya dengan profesionalisme guru. Terdapat tiga temuan hasil studi penelitian, yaitu pertama tentang keteladanan, yang mana guru-guru di MTs Miftahul Huda Tanggir telah berperilaku maupun bersikap teladan sebagaimana guru-guru di madrasah. Kedua, kepala Madrasah telah melakukan pemberdayaan kompetensi yang dimiliki oleh guru dengan mengadakan pelatihan, diklat, sertifikasi serta KKG. Ketiga, yaitu ditemukan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatkan profesionalitas Guru melalui komunikasi dan interaksi di Mts Miftahul Huda Tanggir. Dengan demikian, diharapkan kepala Madrasah dapat menerapkan komunikasi dan interaksi guru dalam peningkatan profesionalitas guru.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Komunikasi dan Interaksi, Peningkatan Profesionalitas Guru |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Choirotul Nikmah |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 05:24 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 01:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/500 |